kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengembangkan big data, Telkomsel menggandeng Kinetica


Kamis, 18 Oktober 2018 / 23:16 WIB

Mengembangkan big data, Telkomsel menggandeng Kinetica
ILUSTRASI. Penggunaan komputer tablet

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Big data menjadi salah satu pilar bisnis di era digital. itu sebabnya, Telkomsel menggandeng  Kinetica untuk mengembangkan big data dan merevolusi proses analitik data online. “Pesatnya pertumbuhan pada perangkat mobile, tingginya pengguna digital, serta meningkatnya layanan mikro prabayar di Indonesia menghasilkan produksi data secara masif dan eksponensial daripada yang pernah ada sebelumnya,” kata Montgomery Hong, Chief Information Officer Telkomsel, dalam rilis, Kamis (18/10). 

Big data tersebut akan diolah  untuk mengembangkan gaya hidup digital baru yang dipersonalisasi bagi konsumen Indonesia. Ke depan data menjadi sangat fleksibel dan dapat berupa data besar atau kecil, statis atau bergerak, terstruktur atau tidak terstruktur, tahan atau mudah rusak, manusia atau mesin. Kini, data yang dibuat untuk komputasi serial (serial computing)  tidak dapat bersaing di dunia di mana informasi bergerak dengan super instan. 

Paul Appleby, Chief Executive Officer (CEO) Kinetica, mengatakan, data merupakan pusat pengalaman gaya hidup digital dan bisnis seluler tidak lagi dapat mengandalkan platform warisan big data yang menganalisis data setelah fakta. "Ketika perusahaan seperti Telkomsel bertransformasi digital, mereka perlu menggunakan aplikasi/solusi baru yang menggabungkan streaming IoT, analisis canggih, dan kekuatan kecerdasan buatan dalam solusi konvergen," terang Paul

 


Reporter: Ahmad Febrian
Editor: Ahmad Febrian

Video Pilihan


×