kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.282.000   -45.000   -1,93%
  • USD/IDR 16.624   -5,00   -0,03%
  • IDX 8.093   -24,52   -0,30%
  • KOMPAS100 1.125   -4,40   -0,39%
  • LQ45 823   -1,92   -0,23%
  • ISSI 283   -0,49   -0,17%
  • IDX30 433   -0,40   -0,09%
  • IDXHIDIV20 498   -2,95   -0,59%
  • IDX80 126   0,00   0,00%
  • IDXV30 136   -0,02   -0,01%
  • IDXQ30 139   -0,09   -0,06%

Menicon Masuk Pasar Ritel Indonesia dengan Meluncurkan Lensa Kontak Miru


Selasa, 28 Oktober 2025 / 17:43 WIB
Menicon Masuk Pasar Ritel Indonesia dengan Meluncurkan Lensa Kontak Miru
ILUSTRASI. Menicon Group meluncurkan lensa kontak disposable dengan merek Miru, Selasa (28/10/2025)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menicon Group, produsen lensa kontak asal Jepang, memperluas kehadirannya di Indonesia. Setelah sebelumnya fokus pada pasar business to business (B2B) untuk rumah sakit dan klinik mata melalui produk hard lens, kini Menicon mulai memasuki pasar business to consumer (B2C) dengan meluncurkan produk lensa kontak disposable merek Miru. 

Menicon Group hadir di Indonesia dengan menggandeng mitra distributor PT Oculus Indonesia. Menicon sebelumnya lewat bisnis B2B menghadirkan Ortho-K lens (orthokeratology), yakni lensa keras yang dipakai saat tidur untuk membantu memperlambat perkembangan minus pada anak usia 7–18 tahun akibat paparan gawai. Lensa ini tidak menyembuhkan, tetapi menahan peningkatan minus dengan dipakai saat anak tidu,r.

Sementara peluncuran lensa kontak disposable Miru dilakukan menyusul kesuksesan Miru Flat Pack yang dilakukan Menicon Group di Singapura pada 2016. “Sebelumnya Menicon sudah lama hadir di Indonesia untuk segmen rumah sakit dan klinik mata. Sekarang kami ingin menjangkau langsung konsumen lewat Miru,” ujar Benny Tjahjadi, Country Manager PT Oculu Indonesia, Selasa (28/10).

Menicon Global memperkenalkan lensa kontak disposable Miru di ajang Jakarta Fashion Week 2026 dengan tiga lini produk, yakni Miru 1day Flat Pack, Miru 1day UpSide, dan Miru 1month. Ketiganya dirancang untuk mendukung gaya hidup modern yang aktif dan higienis tanpa mengorbankan kenyamanan serta kesehatan mata.

Baca Juga: Optik Tunggal Perluas Jangkauan ke Sektor Teknologi: Inovasi Layanan Berbasis Digital

Benny mengatakan, harga eceran berkisar Rp498.000–Rp548.000 per boks berisi 15 pasang (30 lensa), sementara varian one-month berisi tiga pasang untuk pemakaian tiga bulan. Saat ini pemasaran Miru 

Keunggulan Miru adalah desain kemasan pintar (smart pass) yang memudahkan pengguna mengetahui sisi lensa yang benar sehingga tidak terbalik saat dipakai. Selain untuk mata minus (aspherical lens), tersedia pula tipe toric bagi pengguna dengan silinder, serta multifocal untuk rabun jauh dan dekat.

Menicon menilai potensi pasar lensa kontak di Indonesia sangat besar, terutama di segmen kelas menengah atas dan kelas atas. Benny bilang, saat ini ada sekitar 1%-12 % kelas atas di Indonesia atau setara 5–6 juta orang, sementara segmen menengah mencapai 15%–20% atau sekitar 50 juta orang.

Dari jumlah kelas atas, Miru menargetkan panga pasar bisa mencapai 5%-10%. Sementara dari jumlah kelas menengah, pangsa pasar ditargetkan mencapai 5%” Jadi target utama Menicon bukan dari sisi penjualan, tetapi dari jumlah pengguna. Dengan populasi pengguna potensial yang besar, Menicon optimistis Miru akan mendapat tempat di pasar Indonesia,” ujar Benny. 

Untuk mencapai target pangsa pasar itu, Menicon akan fokus menyasar anak-anak muda, terutama pelajar SMP dan SMA, mulai terbiasa ke optik untuk membeli lensa kontak bening. 
Perusahaan ini  menyiapkan program edukasi dan promosi ke sekolah serta kampus, termasuk sekolah internasional yang telah mengenal produk Jepang.

Sementara itu, Atsushi Yamashita, Managing Director Oculus untuk Singapura, Malaysia, dan Indonesia menjelaskan bahwa Miru 1day Flat Pack hadir dengan desain super tipis yang dikenal sebagai kemasan lensa kontak tertipis di dunia. Kemasannya ringan, mudah dibawa, dan ramah lingkungan karena hanya menggunakan 0,2 ml cairan, sehingga mengurangi limbah plastik hingga 80%. 

Baca Juga: Hippindo Nilai Daya Beli Masyarakat Mulai Pulih Jelang Akhir Tahun 2025

“Dilengkapi teknologi Smart Touch™, lensa selalu dalam posisi siap pakai tanpa perlu disentuh bagian dalamnya, menjaga kebersihan dan menurunkan risiko kontaminasi bakteri hingga tiga kali lebih rendah dibanding kemasan biasa,” papar Yamashita.

Sementara  Miru 1day UpSide mengombinasikan bahan Silicone Hydrogel generasi terbaru MeniSilk™ Air dengan teknologi NanoGloss™ Pro. Hasilnya, sirkulasi oksigen lebih optimal dan permukaan lensa terasa lembut di mata. Desain ergonomisnya mengikuti anatomi kelopak mata, memastikan stabilitas penglihatan bahkan saat beraktivitas intens. 

Adapun Miru 1month menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi bagi pengguna bulanan. Teknologi MeniSilk™ dan NanoGloss™ memberikan transmisi oksigen tinggi, permukaan halus yang tahan bakteri, serta kelembapan optimal agar mata tetap segar dan putih. “Desain tepi yang seragam memastikan kenyamanan maksimal tanpa iritasi, menjadikannya solusi praktis dan berkelanjutan bagi pengguna aktif.” pungkas Yamashita. 

Selanjutnya: Prospek Indeks LQ45 Ditaksir Cerah pasca Rebalancing, Cermati Rekomendasi Analis

Menarik Dibaca: Apakah Cumi Mengandung Kolesterol atau Tidak? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×