kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Mobil bekas makin dicari di masa transisi PSBB


Jumat, 10 Juli 2020 / 21:34 WIB
Mobil bekas makin dicari di masa transisi PSBB
ILUSTRASI. Penjualan mobil bekas di salah satu showroom di Tangerang Selatan, Senin (7/6). Pasar mobil bekas (mobkas) kembali bergeliat pasca penerapan fase transisi PSBB.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil bekas (mobkas) kembali bergeliat pasca penerapan fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di sejumlah daerah.  Hal ini tercermin dari meningkatnya permintaan kredit kendaraan bermotor (KKB) pada kendaraan bekas pada sejumlah bank di tengah-tengah permintaan KKB kendaraan baru yang masih lesu.

Geliat pasar mobil bekas yang mulai berangsur-angsur kembali membaik dikonfirmasi oleh Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih. Dia bilang, angka permintaannya sudah mencapai sekitar 30%-40% dari angka permintaan normal pada hari Kamis (9/7) kemarin. Angka ini relatif lebih baik bila dibandingkan dengan angka permintaan saat PSBB masih berlangsung pada bulan kelima dan keenam tahun ini beberapa waktu lalu.

“Sekarang kondisinya sudah membaik, tadinya kan paling top kami jualan tuh hanya sampai  5%-10% dari angka permintaan normal dulu,” kata Herjanto saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (10/7).

Baca Juga: Permintaan mobil bekas di masa transisi PSBB sudah berangsur pulih

Asal tahu saja, skema penjualan dengan cara kredit memang mendominasi penjualan mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua. Menurut Herjanto porsinya bisa mencapai 90% dari total penjualan yang ada. Sementara sebanyak 10% sisanya baru dilakukan dengan skema tunai keras.

Geliat pasar mobil bekas juga turut dialami oleh diler mobil bekas PT Astra Auto Trust. General Manager Auto Trust David Tuerah mengatakan, angka rata-rata penjualan mobil bekas harian di diler Auto Trust sudah hampir mencapai 50% dari angka permintaan pada kondisi normal.

Meski masih di bawah angka penjualan normal, realisasi sudah relatif lebih baik bila dibandingkan dengan angka penjualan rata-rata pada bulan April dan Mei 2020 lalu.

“Kalau di bulan April dan Mei kemarin mungkin penjualan kami hanya mencapai 30% dari angka penjualan rata-rata pada kondisi normal,”’ kata David ketika dihubungi oleh Kontan.co.id, Jumat (10/7).

Baca Juga: Permintaan mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua berangsur pulih

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×