Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Pasar mobil segmen hatchback disinyalir terus mengalami pertumbuhannya di Indonesia. Kondisi jalanan kota-kota besar yang padat, macet, serta lahan parkir yang terbatas menjadi alasan mobil tanpa buntut itu disenangi di Indonesia.
"Tahun ini diprediksi ada kenaikan mobil penjualan segmen hatchback sebesar 10%," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta, Selasa (22/1).
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), di tahun 2012, penjualan mobil hatchback mencapai 72.729 unit. Honda sendiri melalui Honda Jazz berhasil meraih pangsa pasar hatchback sebesar 29%.
Agar pangsa pasarnya membesar, Honda sengaja merilis varian baru hasil facelift dari Honda Jazz. Kehadiran New Honda Jazz dengan tiga tipe anyar itu diharapkan mampu mendongkrak pangsa pasar Honda di segmen hatchback hingga 33% tahun ini. "Setiap tahun market segmen ini akan berkembang," tandas Jonfis.
Adapun di tahun 2013 ini, Jonfis memprediksi, pasar mobil nasional akan tumbuh 5% sampai 10%. Mobil ramah lingkungan dan ramah di kantong alias Low Cost Green Car (LCGC) disinyalir akan menjadi trend. Namun, trend akan pasar LCGC akan menjadi kenyataan apabila pemerintah mengeluarkan beleid LCGC.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News