Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Sandy Baskoro
JAKARTA. PT Panatrade Caraka, perusahaan distributor perlengkapan olahraga, berencana mengembangkan brand yang baru saja diakuisisi, yaitu
Piero. Panatrade akan soft launching sejumlah produk bermerek Piero di akhir tahun ini.
Merek sepatu dengan segmentasi pasar menengah atas ini resmi menjadi milik Panatrade per 1 Januari 2013. Sebelumnya, Panatrade hanya menjadi distributor Piero sejak 2010.
Manajemen Panatrade menargetkan, pada 2014 nanti, Piero bukan hanya sebagai merek sepatu, tetapi menjadi life style brand. Piero siap menghadirkan gerai sendiri dengan produk lebih bervariasi seperti t-shirt, jaket, celana denim, kemeja, tas bagi kaum muda Indonesia. “Piero lebih kepada life style, sebab definisinya juga luas,” ujar Presiden Direktur Panatrade Caraka, Arif P Wirawan.
Pada 2014, Panatrade berharap Piero menguasai pasar domestik dengan keunikan dan eksklusivitasnya. Arif membandingkan dengan produk lokal
yang hanya didistribusikan melalui distro. Menurut dia, pasar distro terbilang kecil lantaran akses modal dan jaringan distribusi terbatas. “Sedangkan Piero memiliki pasar cukup luas. Jadi kami akan membuat semacam mass distro,” ucap Arif.
Selain Piero, Panatrade memiliki sepatu dengan brand Specs. Di merek ini, Panatrade akan fokus memasarkan sepatu badminton yang baru hadir tahun lalu. Dengan potensi pasar yang masih besar, Panatrade menargetkan sepatu badminton Specs masuk ke papan atas dalam tiga tahun mendatang.
Pantrade juga mendistribusikan beberapa produk olahraga merek global, yaitu Adidas, Nike, Head, dan Li Ning (raket), UHLSport (merek sarung tangan kiper). Produk Panatrade meliputi empat jenis, yaitu football, futsal, badminton, running, dan tennis.
Selama tiga tahun terakhir, penjualan produk futsal Panatrade tumbuh rata-rata 60% per tahun. Sedangkan penjualan produk football meningkat
berkisar 20% hingga 30% per tahun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News