kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar motor sport 250 CC masih dilirik Agen Pemegang Merek (APM)


Senin, 08 Oktober 2018 / 18:47 WIB
Pasar motor sport 250 CC masih dilirik Agen Pemegang Merek (APM)
ILUSTRASI. New Honda CBR 250RR


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar segmen motor sport kelas 250 cc ternyata masih dilirik oleh produsen roda dua di Indonesia. Hal ini mengingat model ini merupakan strata awal bagi penggemar motor big bike.

Michael Chandra Tanadhi, Head of Sales & Promotion Department PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjelaskan di segmen ini Kawasaki mengandalkan model Ninja 250.
Sempat ada pembaharuan di akhir tahun 2017 dan pengiriman di awal tahun 2018 membuat penjualannya meningkat.

All New Ninja 250 ini merupakan generasi kedua dari Ninja 250 Fi. "Penjualannya sekarang bisa 600 unit sampai 700 unit per bulannya. Tahun lalu sekitar 500 unit," kata Michael kepada Kontan.co.id, Senin (8/10).

Menurutnya pasar segmen sport ini cenderung sedikit menurun. Hal ini karena daya beli yang menurun dan juga konsumen yang banyak beralih ke pasar skutik. 

Namun Michael percaya ceruk pasar sport masih punya hati di kalangan konsumen kolektor motor dan komunitas motor sport. "Konsumennya sudah di usia matang 30 an. Dan ini juga merupakan titik awal pengendara motor yang mau beralih ke pasar big bike," katanya.

Untuk saat ini Michael mengaku model ini masih menjadi penguasa pasar di segmen 250 cc. Disusul oleh Astra Honda Motor (AHM) dengan Honda CBR 250 dan juga Yamaha R25.

Sayangnya untuk saat ini belum ada informasi model baru Ninja lagi. Padahal tersiar kabar Ninja 250 dengan mesin 4 silinder inline akan segera keluar. Namun isu ini ditampik dan Michael mengklaim untuk saat ini model Ninja masih menggunakan mesin 2 silinder inline.

General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Ignatius Didi Kwok mengungkap bahwa motor di segment ini masih positif. Apalagi Juli lalu AHM merilis varian baru New Honda CBR 250 RR baik untuk tipe STD (standar) dan juga untuk tipe ABS. "Pengiriman model ini ke konsumen sudah berjalan dan tipe standar yang berkontribusi lebih besar," kata Didi kepada Kontan.co.id, Senin (8/10).

Dalam dua bulan terakhir, Didi mengaku penjualan mencapai 450 unit per bulan. Adapun saat diluncurkan, AHM berharap sepeda motor ini dapat mewujudkan mimpi konsumen yang menginginkan motor supersport untuk dimodifikasi sesuai dengan gaya hidup dan karakter pengendara.

Kristianto Goenadi, President Director PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) menjelaskan sebagai distributor KTM di Indonesia, pihaknya fokus juga mengembangkan kendaraan 250 cc. Adapun di segmen ini KTM memiliki dua model andalan yakni Duke 250 dan RC 250.

"Untuk saat ini model duke 250 lebih besar penjualan nya dibanding RC250. Total rata-rata penjualan kami mencapai 150 unit per bulan di segmen 250 cc ini," kata Kristianto kepada Kontan.co.id, Senin (8/10).

Menurutnya saat ini KTM fokus ke segment street bike, dan lewat kontribusi KTM di kejuaraan internasional seperti Moto GP diharapkan dapat mendongrak brand image perusahaan di kalangan pecinta motor Sport.

Selain itu pihak KTM juga mengadakan event-event bagi komunitas pecinta motor spor tdan juga aktif di pameran mall to mall. "Pameran IIMS, Jakarta Fair, GIIAS dan IMOS 2018 juga kita akan ikuti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×