kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah Jamin Pasokan Daging Aman


Senin, 05 Juli 2010 / 08:28 WIB
Pemerintah Jamin Pasokan Daging Aman

Reporter: Amailia Putri Hasniawati |

JAKARTA. Pemerintah berani menjamin pasokan daging sapi di dalam negeri akan aman. Pasalnya, sejumlah sapi bakalan impor yang sudah digemukkan kini sudah mendekati masa siap potong.

"Sudah disiapkan 60.000 ekor eks sapi bakalan impor khusus untuk Lebaran,” tegas Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Turni Rusli Syamsuddin.

Sapi bakalan yang sudah digemukkan dua hingga tiga bulan itu memiliki berat rata-rata 450 kilogram (kg) per ekor. Dari total berat tubuh sapi itu, volume dagingnya berkisar 41% atau 184,5 kg. Alhasi, dari 60.000 ekor sapi bakalan tersebut bisa menghasilkan daging sebanyak 11.070 ton. Selain itu, pemerintah juga bakal memantau perkembangan konsumsi daging menjelang hari raya.

Tapi, Ketua Asosiasi Pengusaha Importir Daging (ASPIDI) Thomas Sembiring meragukan pengawasan pemerintah itu. Kata dia, monitoring acapkali tidak akurat. Akibatnya, pemerintah bisa saja merevisi kuota impor di tengah jalan. Padahal, para importir memerlukan waktu untuk menyusun kontrak baru dengan para pemasoknya.


Tag


TERBARU

Close [X]
×