kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

Pemesanan hotel naik 15% saat banjir melanda Jakarta


Jumat, 03 Januari 2020 / 06:59 WIB
Pemesanan hotel naik 15% saat banjir melanda Jakarta
ILUSTRASI. A hotel sign is seen in central London, Britain, March 3, 2017. Britain's unexpectedly strong economic growth since last June's Brexit vote may be starting to fade as inflation picks up, according to a major business survey that chimed with notes of cauti


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir yang melanda Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya pasca hujan deras yang terus mengguyur Jabodetabek sejak malam pergantian tahun 2019 ke 2020, membuat sejumlah hotel 'panen rezeki'.

Satu di antaranya adalah Hotel Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada, Jakarta Barat.

Marketing Communication Manager Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada Priskilla Wanda mengatakan terdapat peningkatan pemesanan kamar melalui beberapa opsi, khususnya melalui pemesanan melalui travel agent mitra hotel ini.

Baca Juga: BMKG: Hari ini hujan lebat bisa turun di Jakarta dan 19 provinsi lain

"Iya ada peningkatan, terutama yang booking melalui online travel agent atau walk in. Rekanan online travel agent seperti expedia banyak pick up," ujar Wanda, kepada Tribunnews, Kamis (2/1) malam.

Ia mengatakan, sejak momen awal tahun baru yakni 1 Januari 2020, pihaknya telah disibukkan dengan meningkatnya reservasi kamar oleh banyak tamu yang ingin menginap di hotel yang terletak di bilangan Gajah Mada ini.

Wanda menuturkan, terakhir melakukan pengecekan pada jumlah reservasi, pihaknya mencatat terdapat peningkatan yang lumayan yakni sebesar 10%.

"Dari kemarin tim reservasi kami lumayan sibuk pick up reservasi, last time kita cek, sudah 10 persenan kenaikannya dari total 442 kamar," jelas Wanda.

Ia pun memprediksi akan ada peningkatan reservasi hingga 15 persen untuk momen awal tahun ini, "Kenaikannya kita prediksi sekitar 10-15%,".

Baca Juga: Menanggapi Jokowi, Anies: Bandara Halim tetap banjir meski tak ada sampah

Apalagi, saat ini banyak tamu yang memilih untuk extend atau memperpanjang masa inapnya di hotel itu.

"Dari (Kamis) pagi, beberapa kamar tamu-tamu sudah ada yang memperpanjang masa inapnya," papar Wanda.

Ia tidak memungkiri bahwa musibah banjir yang tengah melanda wilayah Jabodetabek turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah reservasi kamar hotelnya di awal tahun ini.

Bahkan menurutnya, menjelang Kamis sore saja reservasi yang dilakukan melalui travel agent pun mengalami peningkatan.

Hal itu karena banyak di antara tamu hotel yang baru menginap ini merupakan warga yang terdampak pemadaman listrik pasca terjadinya banjir di beberapa wilayah di Jabodetabek.

"Menjelang siang ke sore, pick up online travel agent meningkat. Karena kebetulan ada beberapa tamu yang mengungsi karena mati listrik juga setelah malam tahun baru," tegas Wanda.

Baca Juga: Update korban banjir Jabodetabek: 30 orang meninggal

Terkait rate rata-rata kamar yang dipesan oleh para tamu ini, Wanda menyebut berada pada kisaran Rp 950 ribuan. "Rate kita di Rp 950 ribuan, termasuk sarapan pagi untuk 2 orang," tutur Wanda.

Reservasi kamar yang dipilih lebih banyak yang bertipe standar dengan luas kamar 40 meter persegi, sehingga kenyamanan para tamu hotel akan tetap terjaga.

Untuk keluarga yang membawa serta anak yang berusia di bawah 12 tahun, hotel ini pun menawarkan extra bed gratis pula.

"Tipe kamar standar masih banyak dibooking karena kebetulan kamar kita luas 40sqm dan anak-anak di bawah 12 tahun stay and eat free, mereka bisa dapat extra bed gratis juga," kata Wanda.

Meskipun banyak yang melakukan extend masa inap di hotel ini pada awal 2020, namun Wanda menyampaikan para tamu tidak melakukan upgrade kamar.

"Rata-rata (para tamu ini) tidak upgrade kamar, karena kamar standard kami sudah cukup luas," pungkas Wanda. (Fitri Wulandari)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Banjir di Jakarta, Pemesanan Kamar Hotel Naik 5 Persen,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×