kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penangkar siap menyukseskan program pemerintah dalam mengembangkan kelapa genjah


Sabtu, 19 Desember 2020 / 12:14 WIB
Penangkar siap menyukseskan program pemerintah dalam mengembangkan kelapa genjah
ILUSTRASI. Pohon kelapa genjah


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Para penangkar kelapa genjah siap mendukung program pengembangan komoditas kelapa genjah pada tahun depan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

Para penangkar dari lima provinsi di Indonesia siap mendukung program pengembangan kelapa genjah yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan menyediakan bibit-bibit unggul dari daerah masing-masing.

Zulham, Produsen Kelapa Genjah dari Sumatra Utara menyebutkan, pihaknya siap untuk memasok 70.000 batang bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi sepanjang 2021 nanti.

“Jumlah bibit yang bisa kami salurkan mulai Januari –Desember 2021 sebanyak 70.000 batang dengan potensi siap salurnya sebanyak 6.000 batang per bulan,” kata Zulham dalam webinar dengan pihak Direktorat Jenderal Pekebunan, seperti dirilis Sabtu (19/12).

Baca Juga: Mentan sebut kawasan food estate di Kalteng terapkan teknologi pertanian modern

Lebih lanjut menurut Zulham harga bibit kelapa genjah pandang wangi polibag Rp. 170.000, karena saat ini permintaan terhadap kelapa genjah di masyarakat cukup tinggi.  Selain itu, pengembangan produksi kelapa genjah juga termasuk dalam program pengembangan hasil perkebunan yang digaungkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Petani dan Penangkar Kelapa Genjah asal Bali Gede Sukrasuarnaya menyebutkan pihaknya mampu menyediakan 100.000 batang bibit Kelapa Genjang Kuning Bali untuk tahun depan.

Selain Zulham dan Gede, adapula Nawang Suryani asal Jawa Tengah yang menyebutkan pihaknya mampu mensuplai hingga sekitar 30.000 batang bibit Kelapa Genjah Entok, Petrus Tjandra dari Minahasa Selatan mampu menyediakan 140.000 bibit Kelapa Genjah Kuning Nias dan Ruslan dari Pati, Jawa Timur yang mampu menyediakan 35.000 bibit Kelapa Genjah Kopyor sepanjang 2021.

Baca Juga: Memanfaatkan peluang besar ekspor produk olahan kelapa Indonesia

“Rencana siap salur pada September sampai Desember 2021,” kata Ruslan.

Besarnya minat akan bibit kelapa genjah ini lantaran produk ini masuk dalam kategori bibit unggul berilai ekonomi tinggi. Ruslan menuturkan bahwa saat ini harga bibit kelapa genjah kopyor di pasar dijual  Rp65.000 untuk bibit yang sudah ada dalam polybag. Demikian juga dengan kelapa genjah entok, kelapa genjah kuning Bali, oleh produsen benihnya dipasarkan dijual dengan harga Rp. 65.000.

Seperti diketahui, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan saat ini tengah melakukan identifikasi calon sumber bibit dari kebun kelapa genjah yang ada di daerah. Mengutip dari Situs Kementerian Pertanian, kebutuhan bibit kelapa genjah untuk merealisasikan Program Pembangunan Kelapa Genjah di Lahan Pekarangan di seluruh wilayah Indonesia diperkirakan mencapai 5.000.000 batang.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×