kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembangan energi terbarukan (EBT) di Indonesia masih terhambat, ini penyebabnya


Rabu, 18 Desember 2019 / 17:02 WIB
Pengembangan energi terbarukan (EBT) di Indonesia masih terhambat, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Turbin kincir angin pembangkit tenaga listrik terlihat di ladang angin lepas pantai Eneco Luchterduinen dekat Amsterdam, Belanda 26 September 2017.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan kapasitas energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia masih cenderung rendah. Institute for Essential Service Reform (IESR) mencatat, sepanjang tahun ini tambahan kapasitas EBT di Indonesia hanya 385 megawatt (MW).

Jumlah tersebut masih jauh dari target kapasitas EBT dari pemerintah berdasarkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebesar 45 gigawatt (GW) pada 2025 nanti.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, salah satu penghambat percepatan EBT adalah tingkat bankability atau kekuatan finansial dari proyek EBT itu sendiri. 

Baca Juga: PLTA Air Putih beroperasi, Kencana Energi (KEEN) bidik US$ 20 juta dari PLN

Fabby mencatat, sejak berlakunya Peraturan Menteri ESDM No. 50/2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik, hampir tidak ada proyek EBT yang baru.

Dari 75 proyek EBT yang sudah dilakukan power purchasing agreements (PPA) di periode 2017-2018, sebagian besar di antaranya adalah proyek yang sudah disiapkan sebelum 2017. “Itu pun ada 27 proyek yang belum mendapat financial close karena kendala bankability,” kata dia, Rabu (18/12).

Proses pengadaan proyek EBT pun terbilang lambat. Hal ini terbukti karena lelang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) baru dilakukan di awal tahun ini. Namun, lelang tersebut baru untuk proyek PLTS Bali Barat dan Bali Timur. 

Baca Juga: Darmawan Prasodjo disebut-sebut bakal jadi wakil dirut PLN, dampingi Rudiantara

Fabby juga menyoroti skema insentif bagi proyek EBT yang kurang kompetitif ditambah tahun ini juga merupakan masa transisi pemerintahan karena adanya pemilu. Alhasil, capaian investasi EBT baru mencapai US$ 1,17 juta per September lalu atau 65% dari target investasi EBT di tahun ini sebesar US$ 1,8 juta.

Secara umum, untuk mencapai target bauran EBT dalam RUEN 2025, diperlukan investasi sebanyak US$ 70—US$ 90 miliar. Artinya, capaian nilai investasi sepanjang tahun ini masih jauh dari target.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×