kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Autopedia (ASLC) Naik, Tapi Bukukan Rugi di Semester I 2022


Rabu, 27 Juli 2022 / 13:39 WIB
Penjualan Autopedia (ASLC) Naik, Tapi Bukukan Rugi di Semester I 2022
ILUSTRASI. Penjualan mobil bekas?melalui marketplace Caroline.id dari PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di bidang usaha lelang dan perdagangan eceran mobil bekas, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) mencatat pertumbuhan penjualan hingga 73% year on year (yoy) menjadi sebesar Rp 159,5 miliar pada semester I 2022.

Kendati penjualan naik signifikan, Autopedia mencatatkan kenaikan beban operasi penjualan sebesar 18% yoy, dari Rp 58,4 miliar di semester I 2021 menjadi Rp 69,2 miliar di semester I 2022. Kenaikan beban operasi penjualan ini sejalan dengan ekspansi bisnis online to offline (O2O) Autopedia.

Akibatnya, ASLC mencatatkan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp 2,6 miliar di semester I 2022 dibandingkan laba bersih Rp 16,4 miliar pada periode sama tahun lalu.

Meski begitu, manajemen Autopedia akan tetap fokus untuk memastikan bahwa semua bisnis yang telah dan akan dijajaki mempunyai trading margin positif dan model bisnis berkelanjutan.

ASLC juga berharap dapat mencatatkan keuntungan bersih setelah beralih dari fase ekspansi pesat.

Baca Juga: Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Sudah Realisasikan 47,9% Dana IPO, Ini Perinciannya

Di tahun ini, Autopedia memang cukup agresif melakukan ekspansi. Tercatat, volume unit penjualan diler mobil bekas juga meningkat secara signifikan sebesar 63% quarter on quarter (qoq), dari 217 unit pada kuartal I menjadi 353 unit pada kuartal II 2022.

Peningkatan penjualan tersebut berhasil diraih seiring dengan ekspansi usaha Autopedia  yaitu  membuka delapan titik baru untuk layanan diler mobil bekas O2O (online-to-offline) dengan merek Caroline pada kuartal kedua tahun ini. Dengan ini, jumlah titik layanan Caroline sudah betumbuh menjadi 16 titik selama semester I 2022.

Manajemen Autopedia menargetkan untuk membuka 20 titik layanan bisnis diler mobil bekas hingga akhir tahun ini.

Sementara untuk bisnis lelang kendaraan bekas, penjualan selama semester I 2022 masih turun 27% yoy karena  beberapa faktor eksternal yang berdampak terhadap sektor pembiayaan (financing). Salah satu sumber utamanya ialah pasokan kendaraan bekas.

Sektor pembiayaan sangat terpukul oleh pandemi pada tahun 2020 hingga 2021 sehingga terpaksa mengurangi pencairan pinjaman pembelian kendaraan mereka kepada konsumen secara signifikan. Akibatnya, jumlah kendaraan tarikan  atau sitaan berkurang.

Selain itu, penjual ritel mobil bekas juga memperpanjang masa pemakaian mobil mereka sehingga menunda penjualan mobil melalui lelang. Hal itu terjadi karena pasokan kendaraan baru terhambat kelangkaan microchips yang masih berlanjut hingga kuartal II 2022 ini.

Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari Jany Candra mengatakan, dari peningkatan penjualan mobil bekas yang signifikan tersebut, dapat dilihat bahwa ekspansi yang dilakukan membawa hasil.

“Oleh karena itu, kami optimistis terus membukukan kinerja yang semakin baik di masa mendatang,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/7).

ASLC berharap penjualan akan meningkat semakin pesat, seiring kebijakan pemerintah untuk membatasi pengguna bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

“Kalau mobil dengan kapasitas mesin (cc) besar dilarang menggunakan Pertalite dan Solar, otomatis mobil-mobil dengan kapasitas mesin (cc) kecil akan lebih diminati karena bisa menggunakan bahan bakar yang lebih murah,” kata Jany.

Baca Juga: Hingga Semester I, Penjualan Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Melesat 73%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×