kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Penjualan kuartal I turun, Toyota targetkan peningkatan hingga 15% di kuartal kedua


Senin, 22 April 2019 / 15:23 WIB
Penjualan kuartal I turun, Toyota targetkan peningkatan hingga 15% di kuartal kedua


Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada kuartal I 2019 Toyota mencatat penjualan sebanyak 77.266 unit. Pencapaian kuartal I 2019 ini mengalami penurunan sekitar 8,6% dari capaian kuartal I 2018. Dengan raihan tersebut, penjualan di kuartal I 2019 baru mencapai 21,46% dari target penjualan sepanjang 2019 yang sebanyak 350 ribu hingga 360 ribu unit.

Menurut Marketing Director Toyota Anton Jimmi Suwandy penurunan penjualan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. “Launching beberapa jenis kendaraan di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 cukup mempengaruhi kinerja di kuartal I 2019” jelas Anton dalam acara peluncuran C-HR Hybrid Electrified Vehicle, Senin (22/04).

Lebih lanjut, Anton menjelaskan pada awal tahun 2019, Toyota memperkenalkan Avanza MC baru sehingga membutuhkan waktu untuk pemenuhan produksi unit tersebut. Ia memprediksi produksi mulai normal sekitar bulan April hingga Mei. 

Selain itu ia menyebut, dua produk yang diluncurkan di penghujung tahun 2018 yakni Rush dan Xpander juga berada dalam kondisi serupa. Pemenuhan produksi baru dapat normal di awal tahun.

Selain faktor produksi unit, Anton bilang Pemilihan Umum (Pemilu) juga menyebabkan terjadinya penurunan penjualan. Kondisi Pemilu menyebabkan banyak customer memilih wait and see. Sayangnya Anton tidak memiliki angka persisnya, namun ia meyakinkan Pemilu juga cukup mempengaruhi rendahnya penjualan unit di kuartal I 2019.

Adapun menjelang bulan Ramadhan, pihak Toyota menargetkan pertumbuhan sebesar 10% hingga 15% dibanding pencapaian kuartal I 2019 khususnya jelang dan usai Lebaran. Selain itu, Anton bilang puncak penjualan kuartal II akan terjadi di antara bulan April hingga Mei.

“Pada bulan April nanti akan ada Indonesia International Motor Show (IIMS), besar kemungkinan akan banyak customer yang datang dan menanyakan seputar promo kita termasuk promo lebaran,” ujar Anton.

Terkait strategi dalam meningkatkan penjualan jelang Lebaran, Anton menjelaskan bahwa pihak Toyota memiliki kampanye yang diberi nama THR Campaign. Promo ini merupakan promo tahunan yang memberikan keuntungan bagi para customer yang melakukan pembelian unit Toyota direntang waktu yang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×