kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Penjualan Yamaha naik sementara Honda turun


Senin, 12 Maret 2012 / 16:20 WIB
Penjualan Yamaha naik sementara Honda turun
ILUSTRASI. Gas. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ama/14.


Reporter: Lili Sunardi | Editor: Edy Can

JAKARTA. Penjualan sepeda motor Yamaha Indonesia tumbuh 26% pada Februari 2012 lalu bila dibandingkan Januari 2012 lalu menjadi 257.881 unit. PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia Indra Dwi Sunda mengatakan, pertumbuhan penjualan ini berkat munculnya produk baru.

Tahun ini, Yamaha Indonesia meluncurkan Mio J dan Mio Fino. Penjualan Mio J mencapai 29.356 unit dan Mio Fino sebesar 19.883 unit.

Penjualan sepeda motor skutik lama, Mio, masih mendominasi penjualan pada Februari lalu. Penjualan Mio mencapai 43.607 unit. Selain itu, penjualan jenis lainnya seperti Soul yang terjual 17.635 unit dan Xeon yang terjual 20.139 unit. Sedangkan, sepeda motor sport naik 17% dibanding Januari 2012 menjadi 33.466 unit.

Tahun ini, Yamaha menargetkan menguasai 50% pasar sepeda motor di Indonesia. Untuk mencapai target itu, Yamaha terus menambah varian produk sepada motornya dan menambah jaringan bengkelnya yang saat ini telah ada sekitar 3.000 jaringan bengkel dengan tenaga mekanik hingga 14.000 orang. “Konsumen saat ini kan tidak memiliki banyak pilihan. Yang kita lakukan adalah mengenalkan produk baru kita nanti dan tahun ini kita menargetkan penjualan hingga 3,7 unit tahun ini,” ungkapnya.

Nasib naas menimpa PT Astra Honda Motor (AHM). Penjualannya melorot sebesar 8% pada Februari lalu dibandingkan Januari 2012 lalu menjadi 355.580 unit. Karena memang Februari memiliki hari kerja yang lebih sedikit dibanding bulan lainnya,” kata Sigit Kumala, Manajer Umum Senior AHM.

Dia mengatakan, skuter matik masih menjadi andalan untuk mendongkrak penjualannya di tahun ini. “Vario itu rata-rata terjual 60.000 unit perbulannya. Dengan keluarnya Vario PGM-FI, kita harap penjualannya mencapai 70.000 unit perbulannya,” ujarnya.

Sigit berharap produk baru Honda bisa menggenjot penjualannya hingga mencapai target penjualan mencapai 4,6 juta unit sepeda motor hingga akhir 2012. Selain itu, dukungan pasca penjualan pun akan menjadi tumpuan Honda dalam menjaring konsumen yang ada saat ini.

“Jaringan diler kita ada 1.800 di seluruh indonesia dan bengkel resmi kita ada 3.700. ini akan terus kami tingkatkan untuk menopang layanan pasca penjualan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×