kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertagas Niaga Lakukan Uji Coba Pemanfaatan CNG di Bali


Jumat, 01 April 2022 / 19:00 WIB
Pertagas Niaga Lakukan Uji Coba Pemanfaatan CNG di Bali
ILUSTRASI. Mother Station Compressed Natural Gas (MS CNG) PT Pertagas Niaga di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara melalui afiliasinya PT Pertagas Niaga melakukan ujicoba pemanfaatan Compressed Natural Gas (CNG) di Bali pada Kamis (31/3).

Uji coba dilakukan dengan pengisian CNG dari Mobile Refueling Unit (MRU) ke CNG Cradle yang nantinya akan digunakan untuk mensuplai gas salah satunya bagi industri perhotelan di Bali.

Presiden Direktur PT Pertagas Niaga Aminuddin mengungkapkan, suplai CNG perdana di Provinsi Bali disuplai oleh gas dari Jawa Timur yang diangkut oleh PT Patra Logistik. Sesampainya di Terminal Mengwi, Badung, Bali CNG ini kemudian akan dipindahkan ke Fasilitas MRU. MRU inilah nantinya yang akan mengisi CNG dengan kemasan yang lebih kecil yakni berupa CNG Cradle. 

“Dengan CNG Cradle yang sifatnya lebih ringkas dan mobile, kami targetkan ini akan diminati oleh industri di Bali khususnya industri hotel, restoran, kafe atau laundry,” jelas Aminuddin dalam keterangan resmi, Jumat (1/4).

Baca Juga: Kilang Pertamina Internasional Tegaskan Upaya Transisi Energi Demi Dukung G20

Aminuddin melanjutkan, CNG memiliki kelebihan dari aspek keamanan maupun harga yang ekonomis. CNG adalah gas alam yang dikompresi dengan tekanan hingga 250 bar dan selanjutnya disimpan di bejana tekan agar mudah didistribusikan. 

CNG selama ini diutamakan untuk memenuhi kebutuhan gas bagi industri yang wilayahnya belum tersambung oleh pipa gas. Selain untuk kebutuhan tersebut, CNG juga dimanfaatkan bagi Bahan Bakar Gas sektor transportasi.

Masuknya CNG perdana ke Bali ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung karena memberikan alternatif energi ramah lingkungan. 

“Pariwisata Bali saatnya bukan lagi menjual keindahan saja namun juga mulai beranjak pada kesadaran memanfaatkan energi bersih. Ini akan memberi poin lebih,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Bali, I Wayan Adi Arnawa. 

Baca Juga: Bisnis di Aceh, Energi Mega Persada (ENRG) dan Pupuk Iskandar Muda Bergandengan

Adapun, pihak The Trans Hotel Bali selaku pelanggan untuk pilot project CNG berharap ada penghematan dengan penggunaan CNG ke depannya.

"Kami senang dan bangga ambil peran dalam langkah dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan Penggunaan CNG ini adalah terobosan, kami juga berharap bisa melakukan penghematan kurang lebih 15%," jelas GM The Trans Hotel Bali, Alexander Jovanovich. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×