kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.009.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.440   10,00   0,06%
  • IDX 7.802   65,52   0,85%
  • KOMPAS100 1.089   10,48   0,97%
  • LQ45 793   4,55   0,58%
  • ISSI 266   4,02   1,53%
  • IDX30 411   2,13   0,52%
  • IDXHIDIV20 477   2,24   0,47%
  • IDX80 120   1,29   1,08%
  • IDXV30 131   2,92   2,28%
  • IDXQ30 132   0,22   0,17%

Pesan antar kebutuhan rumah tangga dalam satu platform Langganan


Jumat, 19 Februari 2021 / 15:26 WIB
Pesan antar kebutuhan rumah tangga dalam satu platform Langganan
ILUSTRASI. Langganan.co.id,  e-commerce groceries yang masih dari bagian dari Wahyoo Group


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi membuat tingginya permintaan pemenuhan kebutuhan pokok secara daring. Mengacu pada penerapan protokol kesehatan terutama jaga jarak, kini meluncur platform yang memudahkan masyarakat mengakses kebutuhan pokoknya tanpa harus keluar rumah.

Salah satu platform yang memberikan layanan tersebut ialah Langganan.co.id yang mulai meluncur Juli 2020 lalu. e-commerce groceries yang masih dari bagian dari Wahyoo Group ini menargetkan pengguna yang bersegmentasi di area perumahan dan apartemen.

"Langganan.co.id ini bedanya sama Wahyoo adalah dari sisi target pengguna. Kalau Wahyoo dia lebih para warung makan, warteg dan ada layanan paylater serta cash on delivery. Kalau Langganan dia lebih ke pembayaran online dan konsumen ritel," jelas Daniel Cahyadi COO Wahyoo Group kepada KONTAN.

Langganan menawarkan harga produk yang kompetitif dengan platform lainnya. Selain itu saat ini Langganan belum membandrol ongkos kirim bagi pengguna alias gratis.

Baca Juga: Wahyoo bantu warung makan bertahan ditengah pandemi lewat inovasi

Terkait kualitas produk Daniel menyebut Langganan menawarkan tak hanya sayuran, buah, susu segar dan sembako saja, kebutuhan rumah tangga lainnya seperti perlengkapan kebersihan juga dapat dijangkau pelanggan melalui platform ini.

Saat ini Langganan.co.id sudah menggaet 20.000 user rumah tangga yang tersebar di wilayah Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan DKI Jakarta.

Rencananya hingga kuartal dua tahun ini, Daniel menargetkan Langganan sudah dapat melayani pelanggan di Jabodetabek.

Tercatat di Langganan ada 331 mitra supply dari UMKM sayuran, buah dan bumbu dapur. Serta 4 mitra UMKM di sektor dry grocery. Mayoritas pesanan yang masuk ke Langganan 70% ialah sayur, buah, sembako, daging ayam, telur dan produk segar lainnya. Sisanya merupakan produk kebutuhan rumah tangga dari kebersihan, minuman hingga camilan.

"Mitra Langganan ada dari sisi supply itu ada petani, nelayan, UMKM dan ada beberapa brand besar. Target mitra supply kita tentu terbuka terutama bagi UMKM yang memang ingin menjangkau customer lewat Langganan kami terbuka, tapi lihat lagi produknya bisa didelivery misal Frozen atau siap saji," kata Daniel.

Daniel menambahkan bahwa sejak diluncurkan Langganan mengalami pertumbuhan yang tergolong cepat. Saban bulan setidaknya ada tambahan 5.000 user rumah tangga bergabung. Sayang Daniel belum menyampaikan berapa rata-rata pesanan saban harinya yang masuk di Langganan.co.id.

"Kalau order kita dapat sampaikan tahun lalu saja itu dilihat secara Wahyoo Group sekitar 1 juta produk kita kirimkan di tahun lalu. Secara grup itu ya, termasuk mitra Wahyoo warung makan dan juga customer Langganan," ungkap Daniel.

Namun untuk target pengguna hingga akhir tahun ini dicanangkan dapat meningkat hingga 10 kali lipat. Target tersebut tentu melihat pasar yang cukup besar dari pesan antar online kebutuhan pokok rumah tangga. "Kita order mau ditingkatkan tiap bulan itu ya 20-30% peningkatan order tiap bulannya," kata Daniel.

Terkait tantangan yang dihadapi Langganan.co.id, Daniel menerangkan lebih kepada menjaga kualitas produk yang baik hingga sampai ke pelanggan. Daniel menyebut Langganan menjamin semua produk terutama sayuran, buah dan sembako dalam kondisi segar.

Baca Juga: Wahyoo gandeng Paketku untuk tingkatkan layanan pengiriman

"Misal nih roti kita fresh, karena jika ada pesanan itu selalu malamnya baru di panggang paginya kita kirimkan. Kalau ada komplain misal kualitas tidak bagus kita langsung refund. Jadi tanggung jawab kita buat antarkan produk pesanan dengan kualitas terbaik," kata Daniel.

Melihat dari target user rumah tangga yang dicanangkan naik 10 kali lipat hingga akhir tahun. Langganan.co.id akan fokus pada pendekatan hamper lokal di market user di apartemen dan perumahan.

"Kami ingin lebih dekat ke user perumahan dan apartemen. Yang kami harapkan community leader di sana untuk kenalkan, jadi engagement hamper lokal manfaatkan community leader. Selain itu tetap terus lakukan peningkatan dalam eksperimen belanja dan kepercayaan pelanggan customer," ujar Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Powered Scenario Analysis AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004

[X]
×