Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria, mengapresiasi progres transformasi PT PLN (Persero) yang memberikan dampak positif pada pelayanan pelanggan.
Prestasi ini tercermin dari perolehan 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional maupun internasional sepanjang tahun 2023. Sofyano menyatakan bahwa raihan penghargaan tersebut mencerminkan kesuksesan transformasi PLN dan menjadi pencapaian yang sangat patut diakui.
"Saya mendengar bahwa PLN berhasil meraih hampir 800 penghargaan pada tahun 2023, dan hal ini sangat layak mengingat upaya transformasi yang terus mereka lakukan," ungkap Sofyano dalam keterangannya, Jumat (26/1).
Baca Juga: Proyek Listrik Hijau PLN Terganjal TKDN
Menurut Sofyano, transformasi PLN terutama dirasakan oleh pelanggan melalui inovasi digital, seperti aplikasi PLN Mobile.
"PLN telah melakukan banyak transformasi dan inovasi digital yang dinilai sangat baik. Dampaknya positif bagi bisnis dan pelanggan di seluruh Indonesia. Saya dan beberapa kolega merasakannya dengan jelas," tambahnya.
Tak hanya dalam pelayanan pelanggan, Sofyano juga mengakui peran PLN dalam menjalankan proses bisnis dengan tetap memprioritaskan kelestarian lingkungan. PLN berhasil meraih 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
"Prestasi PROPER Emas yang terus meningkat setiap tahun menunjukkan bahwa PLN telah mengelola perusahaannya dengan bijak dan berkelanjutan secara menyeluruh dan konsisten," ujar Sofyano.
Baca Juga: Nilai Proyek PLN Yang Terganjal TKDN Capai Rp 51,5 Triliun, Cek Daftarnya
Dalam ajang Subroto Award 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada bulan September, PLN berhasil meraih delapan penghargaan, menandakan kinerja terbaik di sektor ESDM.
Sofyano juga menekankan bahwa prestasi PLN tidak hanya di tingkat nasional, melainkan juga diakui internasional. PLN berhasil meraih dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review pada bulan Oktober.
Lebih lanjut, Contact Center PLN 123 memenangkan delapan penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 pada bulan Agustus. Berkat transformasi dalam human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 pada bulan Oktober.
Baca Juga: Penerapan Teknologi Co-Firing dari PLN Dinilai Bisa Tekan Emisi Karbon
Sofyano menyebut bahwa PLN telah membangun budaya kerja yang kuat, sehingga melakukan transformasi dan inovasi menjadi lebih mudah. Ia menyoroti kepemimpinan Darmawan Prasodjo yang memiliki dedikasi tinggi terhadap digitalisasi dan pelayanan.
Dampak positif terhadap keberlangsungan bisnis membuat Darmawan dinobatkan sebagai CEO Of The Year oleh media internasional dalam dua tahun berturut-turut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News