Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Saat ini pasar ritel konvensional terus tergerus oleh menjamurnya bisnis online. Tanpa biaya sewa toko dan lainnya, produk di online ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Apalagi banyaknya generasi Y yang tak lepas dari perkembangan teknologi khususnya dalam berbelanja juga menjadi faktor berkembangnya e-commerce.
Oleh karena itu, salah satu peritel yang bergerak di sektor fesyen, yakni PT Aneka Maju Terus sebagai pemilik toko Pojok Busana mengaku akan mengikuti perkembangan tersebut. Tutum Rahanta, Direktur PT Aneka Maju Terus mengatakan, bisnis online memang suatu keniscayaan yang harus dikembangkan oleh Pojok Busana. Hal ini bagian dari mengikuti tren dan perkembangan zaman yang saat ini berubah cepat.
"Online itu memang suatu keniscayaan ke depan, cepat atau lambat siapapun pemain ritel akan ke sana kalau memang ingin bertahan. Ini bagian dari mengikuti zaman, bukan soal ritel online atau tidak online," ujarnya kepada KONTAN, Senin (17/7).
Saat ini dengan adanya online, gerai-gerai toko tidak perlu lagi mendekat kepada konsumen. Hal ini berbeda dengan 5-10 tahun lalu, dimana ekspansi peritel lebih mendekat kepada masyarakat secara fisik gerai. Saat ini, dengan adanya online, peritel bisa memanfaatkan media digital untuk mendekat kepada konsumen.
"Ada cara pendekatan ke konsumen, cara penjualan dan cara apapun (via online) yang kalau tidak kami lakukan pasti akan ketinggalan," lanjutnya.
Sayang, dirinya belum mau membuka kapan akan mengembangkan sektor online tersebut. Namun yang jelas, manajemen mengaku akan terus adaptif dengan perkembangan zaman dan akan kembangkan sektor online. Belum jelas, apakah nantinya akan menggunakan skema kerja sama atau membuat aplikasi sendiri.
Adaptif terhadap sektor online bukan berarti pihaknya meninggalkan bisnis konvesionalnya. Alih-alih menutup gerai yang sudah ada, perusahaan justru bakal terus ekspansi. Ke depan ekspansi gerai baru akan dilakukan di luar Jakarta, dengan catatan daya beli membaik. Saat ini, Pojok Busana sudah memiliki 80 gerai di seluruh Indonesia.
"Sesuai dengan target konsumen kami, kami harus menyebar ke pasar di luar Jakarta. Tahun ini masih belum buka, masih tahan (ekspansi). Pasti ke depan kami akan sesuaikan (ekspansi) dengan teman-teman pusat perbelanjaan bangun," lanjutnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News