Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Demi melengkapi layanan e-commerce yang dioperasikannya, kini PT Pos Indonesia tengah menyiapkan sistem pembayaran di tempat atau yang dikenal dengan cash on delivery (COD). Perusahaan jasa pengiriman pelat merah ini rencananya akan mulai menggeber layanan tersebut di tahun 2016 nanti.
“COD secara nasional nanti akan menjadi unggulan kita di tahun depan,” ujar Achmad Junara, VP Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia kepada Kontan awal pekan ini.
Dengan area jangkauan yang dimilikinya ke seluruh pelosok negeri ia meyakini layanan barunya itu akan bisa menjadi andalan perseroan. Ketika layanan itu terwujud ia meyakini kontribusi pendapatan ecommerce akan semakin meningkat. Prediksinya bisa mencapai kisaran 75% hingga 80%.
Sampai saat ini sektor ecommers telah menyumbang sekitar 30%-40% terhadap pemasukan perusahaan. Pemasukan tersebut didapatkan dari pengembangan 3 jenis layanan yaitu galeri pos (ecommers milik Posindo), jasa pengiriman dan sistem pembayaran.
Akhir tahun nanti ditargetkan pemasukan dari sektor ecommerce bisa menyumbang pemasukan hingga Rp 1 triliun. Tanpa merinci berapa perolehannya saat ini Junara memastikan kinerja perusahaan masih sesuai dengan target. Bahkan kata dia di tahun 2016 nanti bisa meningkat hingga dua kali lipat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News