kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

PTKA Pasarkan Wisata Sejarah Bangunan dan Lokomotif Tua


Rabu, 09 Juni 2010 / 11:24 WIB
PTKA Pasarkan Wisata Sejarah Bangunan dan Lokomotif Tua

Berita Terkait

Reporter: Gentur Putro Jati |



JAKARTA. PT Kereta Api (Persero) atau PTKA pasarkan wisata sejarah benda dan bangunan lama miliknya kepada pecinta KA.

Untuk dapat memasarkan potensi wisata tersebut, perseroan yang dikomandani Ignasius Jonan itu membentuk unit bisnis Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan dengan Ella Ubaidi sebagai Executive Vice President nya.

Menurut Ella, sebenarnya tugas utama dari unit ini adalah untuk mendata, menjaga, merawat dan melaksanakan konservasi atas seluruh aset bersejarah yang dimilikinya.

"Kami juga bertugas mengembangkan perencanaan agar aset tersebut bisa menguntungkan dan meningkatkan pendapatan perusahaan selain dari sektor angkutan penumpang, barang dan kereta wisata," kata Ella, Rabu (9/6).

PTKA memiliki benda dan bangunan bersejarah yang tersebar di berbagai wilayah Pulau Jawa dan Sumatera. Selain bangunan berupa stasiun tua, ada juga aset lokomotif, kereta dan gerbong tua yang terawat dengan baik. Menurut Ella, seluruh benda tersebut memiliki peran penting dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai langkah awal mengedukasi masyarakat akan menariknya wisata sejarah benda dan bangunan tua, PTKA membuat situs khusus yang memuat informasi seluruh benda tersebut. Melalui www.indonesianheritagerailway.com yang sudah disusun perseroan sejak tiga bulan lalu.

Ella optimis, keputusan PTKA untuk menjual wisata sejarah atas benda dan bangunan yang dimilikinya merupakan keputusan tepat. Bahkan, potensi wisatawan yang berminat untuk menikmati peninggalan sejarah itu bukan hanya dari dalam negeri. Tetapi juga pecinta KA dari luar negeri.


DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×