kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Roca Group Resmikan Terowongan Kiln Elektrik Pertama Untuk Produksi Keramik Sanitasi


Minggu, 03 Desember 2023 / 16:25 WIB
Roca Group Resmikan Terowongan Kiln Elektrik Pertama Untuk Produksi Keramik Sanitasi
Roca Group, pemimpin dunia dalam desain dan produksi peralatan kamar mandi, berinvestasi dalam terowongan kiln listrik pertama di dunia untuk peralatan sanitasi.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Roca Group, perusahaan global untuk desain dan produksi peralatan kamar mandi sukses meresmikan terowongan kiln listrik pertama di dunia untuk produksi peralatan sanitasi melalui kemitraan dengan produsen kiln spesialis, Keramischer OFENBAU. 

Langkah ini menandai posisi unggul Roca Group sebagai pemain utama dengan pabrik produksi keramik sanitasi bebas limbah, memberikan dampak besar pada seluruh sektor.

Dalam upaya dekarbonisasi pada proses produksi barang keramik yang mengonsumsi banyak energi dan menghasilkan banyak karbon, Roca Group mengambil langkah menentukan dengan mengelektrifikasi proses produksi di pabrik Laufen di Gmunden, Austria. 

Baca Juga: Prospek industri sanitary masih tetap mewangi

Mereka bermitra dengan Keramischer OFENBAU, pemimpin teknologi dunia dalam pembuatan kiln keramik, yang telah fokus pada inovasi berkelanjutan selama lebih dari 25 tahun.

Setelah dua tahun proses pengembangan, terowongan kiln elektrik pertama untuk produk sanitasi berhasil memulai produksi potongan keramik yang kompleks di Gmunden. Pilihan pabrik Laufen, yang telah menggunakan listrik dari sumber terbarukan, dipandang sebagai lingkungan yang sangat kondusif untuk implementasi teknologi perintis ini, yang juga telah didaftarkan oleh Kantor Paten Eropa.

Kiln ini, yang sangat efisien, terdekarbonisasi, dan otomatis, menjadi alternatif berharga untuk produksi konvensional yang bergantung pada bahan bakar fosil. Ini juga merupakan tonggak penting dalam menjadikan Gmunden sebagai fasilitas produksi peralatan sanitasi nol bersih (net-zero) pertama di dunia pada tahun 2024. 

Investasi ini merupakan inti dari strategi dekarbonisasi Roca Group, yang mencapai pengurangan emisi CO2 langsung sebesar 39% pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2018, mendekati target netralitas karbon Science Based Target initiative (SBTi) pada tahun 2045.

Baca Juga: Agung Sedayu dan Salim Group Resmikan Desain & Lifestyle Ekspo Terbesar di Indonesia

Hasil produksi pertama dari sistem kiln baru ini menunjukkan potensi besar untuk seluruh industri, bukan hanya sektor sanitasi, melainkan juga sektor keramik lainnya seperti keramik struktural dan teknis atau peralatan makan. Kiln ini membuktikan bahwa dekarbonisasi total produksi keramik bukan hanya mungkin, tetapi juga realistis dan layak secara ekonomi.

"Roca Group memiliki tujuan jangka panjang untuk mengurangi karbon dalam operasi dan kemitraan pan-Eropa ini membantu kami mencapai tujuan itu, merupakan langkah maju yang jelas bagi industri secara keseluruhan," ujar Albert Magrans, CEO Roca Group dalam keterangannya, seperti dikutip Minggu (3/12).

Günter Halex, Ketua Dewan Penasihat di Keramischer OFENBAU, menambahkan, Kiln elektrik ini membuktikan bahwa teknologi canggih mereka cocok untuk mendekarbonisasi bahkan industri keramik yang padat CO2. 

"Kiln yang dipanaskan dengan listrik memberikan pengguna kami kebebasan dari pasar energi serta memungkinkan produksi yang berkelanjutan dan ekonomis saat ini dan di masa mendatang," terangnya.

Baca Juga: Roca Group Resmikan Terowongan Kiln Elektrik Pertama guna Produksi Keramik Sanitasi

Kisah sukses Eropa dalam produksi keramik terdekarbonisasi terwujud melalui kolaborasi antara Roca Group, Laufen di Austria, dan Keramischer OFENBAU di Jerman. Meskipun keduanya tetap beroperasi secara independen, kolaborasi jangka panjang ini memperkuat kemampuan inovasi keduanya dalam mencapai tujuan dekarbonisasi industri keramik yang berkelanjutan di masa depan. 

Roca Group Ventures, melalui akuisisi saham mayoritas di Keramischer OFENBAU Holding GmbH, berkomitmen untuk mendukung perusahaan dengan pendanaan tambahan demi pengembangan, implementasi, dan pemasaran teknologi mutakhir yang akan membentuk masa depan industri ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×