kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sharp Indonesia bukukan kenaikan penjualan hingga dua kali lipat di kuartal I-2020


Kamis, 23 April 2020 / 12:55 WIB
Sharp Indonesia bukukan kenaikan penjualan hingga dua kali lipat di kuartal I-2020
ILUSTRASI. Pekerja merakit Lemari Es rumah tangga di pabrik baru PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Karawang, Jawa Barat. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/12/02/2014


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonomi Indonesia berada dalam tekanan, itulah yang terlihat akibat wabah virus Corona, yang mendesak pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan Bencana Nasional dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dampaknya, roda perekonomian di Indonesia tersendat, sehingga tidak sedikit perusahaan yang mengalami penurunan performa.

Seiring dengan turunnya PDB, turut melemahkan nilai tukar Rupiah hingga menyentuh angka Rp16.500 per US Dollar. Jika dicermati dari lingkup yang lebih besar, ASEAN juga terdampak cukup parah, pasalnya menurut ASEAN Coordinating Council (ACC) target pertumbuhan ekonomi regional menyusut hingga 1%.

Baca Juga: Pendapatan dan laba Merck Sharp Dohme Pharma (SCPI) turun di 2019

Penurunan produktivitas juga dirasakan oleh ekonomi secara global oleh pandemi ini, sehingga fenomena ini berdampak langsung terhadap perusahaan-perusahaan yang memiliki jaringan global, termasuk Sharp Electronics Indonesia (SEID). Sejatinya Sharp mengantungi Surat Keterangan/izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri, namun  demi mendukung kebijakan PSBB pemerintah, perusahaan harus melakukan pembatasan jumlah karyawan bekerja yang akhirnya berdampak pada penurunan kapasitas produksi sebesar 20%.

Namun di tengah segala keterbatasan tersebut, nyatanya Sharp Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan di kuartal pertama year on year (yoy) dari kategori produk rumah tangga.

“Performa positif kami terlihat dari beberapa produk seperti lemari pendingin, AC sebesar 118,1%,  Air Purifier sebesar 155%, dan Mesin Cuci 98,2%," terang Andri Adi Utomo selaku Senior General Manager National Sales Sharp Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4).

Menjelaskan lebih lanjut, Andry mengungkapkan bahwa perusahaan yakin capaian ini dapat diraih karena produk-produk Sharp sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia, terlebih pada masa Work from Home ini. "Selain itu, dengan bekerja sama dengan partner-partner bisnis strategis, mempermudah pelanggan setia Sharp untuk melakukan pembelian, bahkan dari rumah," katanya.

Baca Juga: PSBB Bisa Memicu PHK Industri Elektronik

Perlu diketahui, Sharp memiliki jaringan yang luas secara nasional, dengan memiliki puluhan cabang dan ratusan service center se-Indonesia. Perusahaan elektronik asal Jepang ini juga bekerja sama dengan berbagai market channel, baik tradisional hingga e-commerce.

“Kami telah menyiapkan strategi penjualan baru yang kami sesuaikan dengan kondisi saat ini, kami telah bersama dengan keluarga Indonesia lebih dari 50 tahun, jadi kami akan selalu ada di tengah konsumen dalam situasi sesulit apapun, melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen setia di Indonesia itu yang menjadi motivasi kami dalam bekerja”, jelas Andry.

Sharp Indonesia optimis dapat mencapai pertumbuhan penjualan di kuartal-II sebesar 116%. hal ini didasari oleh peluang dari produk-produk rumah tangga yang masih berada di tren positif.

Hal tersebut ditunjang oleh kemampuan Sharp dalam melakukan inovasi produk guna menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia. Memiliki lokasi pabrik di kawasan industri Karawang memberikan nilai lebih dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk yang mengandung fitur lokal yang sesuai dengan selera pasar Indonesia secara cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×