kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sido Muncul (SIDO) catat kenaikan laba bersih 23,5% di kuartal I 2019


Kamis, 23 Mei 2019 / 17:08 WIB
Sido Muncul (SIDO) catat kenaikan laba bersih 23,5% di kuartal I 2019


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO, anggota indeks Kompas100) berhasil mencapai pertumbuhan dobel digit, baik dari segi topline maupun bottomline di tiga bulan pertama tahun ini. Produsen produk herbal dan jamu ini optimistis target yang dipatok di tahun ini bakal tercapai.

Mengulik laporan keuangan perseroan, sampai akhir Maret 2019 revenue yang diperoleh ialah Rp 713,67 miliar atau naik 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 620,84 miliar. David Hidayat, Direktur Utama SIDO mengatakan bahwa pertumbuhan tersebut didorong oleh semua segmen bisnis perseroan.

"Salah satunya masih di-drive oleh produk herbal kami. Juga kebetulan penjualan ekspor kami di beberapa negara cukup berhasil," sebutnya kepada Kontan.co.id, Kamis (23/5). Peningkatan penjualan pun dibarengi dengan efisiensi oleh perusahaan, dimana beban pokok penjualan di kuartal-I 2019 hanya naik 6,6% year on year (yoy) menjadi Ro 335,61 miliar.

Sehingga laba kotor yang diperoleh SIDO melonjak 23,6% dari Rp 305,89 miliar di kuartal-I 2018 menjadi Rp 378,06 miliar di kuartal-I 2019. Setelah dikurangi beban lainnya pun, perusahaan mampu mempertahankan margin dan memperoleh laba bersih Rp 208,86 miliar di triwulan pertama tahun ini atau naik 23,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 169,08 miliar.

Tantangan bagi SIDO tak terlalu banyak tang dirasakan, yang jelas kata David perusahaan dituntut untuk terus melakukan inovasi produk. Produk herbal diyakini mempunyai potensi akan tren konsumsi yang bertumbuh, sehingga SIDO harus pandai-pandai dalam menyikapi persaingan di masa depan.

Tak tinggal diam, David bilang pihaknya terus mengusahakan produk baru. "Kami sudah siapkan produk herbal dalam bentuk soft gel yang punya fungsi dan ragam khasiat. Ke depan inovasi ini terus menerus menjadi agenda kami khususnya di Research & Development (R&D) team," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×