kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Sinar Mas Land Gandeng Lorena Hadirkan Bus Listrik di BSD City


Sabtu, 08 Oktober 2022 / 14:33 WIB
Sinar Mas Land Gandeng Lorena Hadirkan Bus Listrik di BSD City
Peresmian Bus Listrik oleh Sinar Mas Land dan Lorena di BSD City.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perubahan iklim menjadi ancaman besar bagi kehidupan dan pembangunan global di mana salah satu pemicunya adalah emisi karbon. Untuk masalah tersebut, pemerintah Indonesia terus berupaya mempercepat pengembangan produksi kendaraan emisi karbon rendah yang ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik.

Upaya yang dilakukan pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060 sejalan dengan visi sustainability Sinar Mas Land dalam menghadirkan BSD Link Electric Bus yang ramah lingkungan sehingga dapat meminimalisir emisi karbon.

BSD Link Electric Bus memilih hasil produksi dari China dengan merek dagang Skywell tipe NJL6730BEV yang akan beroperasi di wilayah township BSD City. Pengadaan bus listrik ini merupakan kerja sama antara Sinar Mas Land bersama PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) dengan total nilai investasi Rp 3,8 miliar.

Peresmian operasional BSD Link Electric Bus dilakukan oleh Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dwi Ryanta Soerbakti Managing Director Eka Sari Lorena Transport, dan Dinesvara Airlangga Chairman Kendaraan Listrik Indonesia/Skywell di Lobby The Breeze BSD City pada Jumat (7/10).

Baca Juga: Asuransi Simas Jiwa Genjot Distribusi DPLK

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan, kerja sama ini dilakukan dengan Eka Sari Lorena Transport, yaitu sebuah perusahaan transportasi terkemuka di Tanah Air. Pengoperasian bus listrik di kawasan BSD City merupakan salah satu komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau yang menerapkan aspek teknologi di setiap proyek pembangunannya.

"BSD Link Electric Bus akan menghubungkan landmarks BSD City sehingga penghuni dan masyarakat umum akan sangat dimudahkan dengan layanan transportasi publik ini. Kendaraan cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan diproyeksikan sebagai transportasi publik masa depan karena sangat ramah terhadap lingkungan," ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Jumat (7/10).

Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Dwi Ryanta Soerbakti menambahkan, kerja sama antara Lorena Transport dengan Sinar Mas Land sudah berjalan selama 5 tahun.

Pihaknya sangat mendukung komitmen Sinar Mas Land dalam menyediakan sarana transportasi bagi penghuni dan masyarakat umum yang menghubungkan setiap wilayah permukiman, CBD, dan commercial area dengan berbagai jenis layanan transportasi terutama di BSD City.

"Lorena Transport sangat mengapresiasi komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik, karena ini juga sejalan dengan program perusahaan Lorena Transport yang selalu mengedepankan teknologi untuk pelayanan transportasi yang lebih baik dan ramah lingkungan," jelas dia.

BSD Link Electric Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) berkapasitas 114 kWh dengan proses pengisian daya selama 2 jam. Bus listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 180 km dan kecepatan maksimalnya hingga 50 km per jam.

Baca Juga: Optimistis Target Pertumbuhan Pendapatan 20% Tercapai, Begini Strategi Lorena (LRNA)

BSD Link Electric Bus berdimensi 7,3 m x 2,1 m dengan kapasitas 17 seat serta 13 hand grip sehingga dapat membawa 30 penumpang. Selain itu, bus listrik ini juga dilengkapi dengan CCTV, face recognition temperature, hingga USB port di kabin bus yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mengisi baterai ponsel.

BSD Link Electric Bus beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu pukul 07.00-19.35 WIB. Bus listrik ini memiliki 6 rute pemberhentian dengan pin awal di Terminal Intermoda – ICE – Qbig – Ara Rasa – The Breeze 1 – Digital Hub – Terminal Intermoda yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam. Masyarakat umum dapat mencoba bus listrik ini secara gratis dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba autonomous electric vehicle di Q-Big BSD City. Proyek tersebut merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation dan JICA. Uji coba tersebut kini berlanjut di kawasan BSD Green Office Park. Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Outlook 2023, Saham Hoki di Tahun Kelinci

[X]
×