kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMSM menambah produksi radiator


Senin, 11 Maret 2013 / 07:30 WIB
SMSM menambah produksi radiator
ILUSTRASI. Mengenal Aamon, hero baru Mobile Legends yang akan rilis dan bisa menghilang


Reporter: Cindy Silviana Sukma |

JAKARTA. PT Selamat Sempurna Tbk segera menambah kapasitas produksi di salah satu perusahaan asosiasinya, PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna (TRSS), pada tahun ini. Peningkatan kapasitas produksi tersebut demi memenuhi permintaan radiator bagi pabrikan mobil di pasar original equipment manufacturer (OEM).

Pabrik Tokyo Radiator yang berlokasi di Tangerang siap beroperasi April 2013. Pabrik berkapasitas produksi 60.000 unit per tahun ini adalah hasil kerja sama antara Selamat Sempurna dan Tokyo Radiator Manufacturing Co Ltd (TRMC) di Jepang sejak April tahun lalu. "Pabrik ini khusus memasok radiator ke pasar original equipment," ujar Ang Andri Pribadi, Direktur Keuangan Selamat Sempurna, kepada KONTAN, Kamis (7/3).

Di Tokyo Radiator Selamat Sempurna, emiten berkode saham SMSM ini menggenggam 33% saham. TRMC menguasai 67% saham TRSS.

Nilai investasi pembangunan pabrik Tokyo Radiator sebesar Rp 17,2 miliar. Dengan investasi sebesar itu, Selamat Sempurna harus menyetor modal Rp 5,67 miliar sedangkan Tokyo Radiator menyetorkan Rp 11,53 miliar.

Ang mengemukakan, pabrik ini akan menambah pasokan radiator Selamat Sempurna. Saat ini, Selamat Sempurna mampu memproduksi 1,95 juta unit radiator per tahun.

Total kapasitas produksi  berbagai komponen otomotif  buatan SMSM mencapai 98 juta unit per tahun. Selain radiator, SMSM antara lain  juga memproduksi filter otomotif.

Dengan tambahan produksi dari Tokyo Radiator, Selamat Sempurna akan mampu mendorong penjualannya di pasar OEM. Dengan menggandeng Tokyo Radiator asal Jepang, secara tak langsung bisa menarik minat pabrikan otomotif merek Jepang.

Permintaan radiator

Yang jelas, sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang tertarik dengan produk Tokyo Radiator. Misalnya, PT Nissan Motor Indonesia yang telah meneken kerja sama dan kemudian disusul PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Untuk itu, Selamat Sempurna berencana menambah sahamnya di Tokyo Radiayor demi memperbanyak kapasitas produksi. "Saat ini kami belum mengestimasi tambahan modal," kata Ang.

Suntikan modal ini akan digunakan untuk membeli mesin baru agar kapasitas produksi naik dua kali lipat menjadi 120.000 unit per tahun. Ang optimistis, tambahan kapasitas produksi akan dilaksanakan pada tahun ini.

Meski ada penambahan pasokan untuk OEM, Selamat Sempurna tak menargetkan kenaikan pangsa pasar yang cukup signifikan. Di tahun lalu, Selamat Sempurna hanya menguasai pangsa pasar OEM di bawah 10%. Sedangkan di pasar ritel, perusahaan tersebut menguasai 20%.

Selain mengincar OEM, Selamat Sempurna juga siap menambah jaringan penjualan di Samarinda, Kalimantan Timur, dan Makassar, Sulawesi Selatan. "Belum ada sub distributor langsung di dua wilayah itu," tutur Ang.

Selama ini, pasar radiator dan filter berfokus di Jawa dan Sumatera. SMSM menargetkan pertumbuhan pasar domestik menjadi 30%-35% dari total penjualan.

Sedangkan penjualan terbesar masih berasal dari pasar ekspor yang diprediksi menyumbang 70% total penjualan pada tahun ini. SMSM mengekspor produk radiator dan filter ke 100 negara, antara lain Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Jepang.

Selamat Sempurna menargetkan pendapatan pada tahun ini mencapai Rp 2,4 triliun atau naik 15% dari estimasi pendapatan tahun lalu sekitar Rp 2,07 triliun. SMSM mengalokasikan belanja modal
Rp 100 miliar bagi penambahan dan perawatan mesin.     n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×