kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Survei Nielsen : Mentega dan Sirop paling banyak diburu saat Ramadan dan Lebaran


Selasa, 19 Juli 2011 / 20:08 WIB
Survei Nielsen : Mentega dan Sirop paling banyak diburu saat Ramadan dan Lebaran
ILUSTRASI. masker bedah


Reporter: Evilin Falanta |

JAKARTA. Lembaga penelitian Nielsen menyatakan tingkat belanja konsumen dari tahun ke tahun menjelang perayaan Ramadan dan Lebaran cenderung meningkat signifikan.

Barang-barang makanan yang paling banyak dikonsumsi adalah makanan ringan seperti biskuit, sirop dan minuman ringan. Sudah menjadi rahasia umum, jenis makanan ini lazim digunakan sebagai hantaran atau parcel perayaan kedua hari besar tersebut.

Nielsen memaparkan mentega dan sirop menjadi dua barang yang paling diburu dan mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan. Pada 2009 penjualan mentega mencapai Rp 322 juta setahun kemudian penjualan tersebut meningkat 36% menjadi Rp 438 juta.

Sedangkan untuk penjualan sirop pada bulan puasa 2009 mencapai Rp 156 juta lalu meningkat 37% setahun kemudian menjadi Rp 214 juta.

“Tentu saja produsen akan mendulang pendapatan yang sangat tinggi pada bulan-bulan tersebut. Hal itu sudah menjadi tradisi di Indonesia,” kata Venu Madhav, Executive Director Client Leadership Nielsen, hari ini (19/7).

Nielsen juga menyatakan, penjualan yang naik signifikan juga terjadi di minuman jenis soft drink dan pakaian.

Pada kesempatan yang sama, Director Nielsen di bidang Fast Moving Consumer Good (FMCG) Service, Vidi Nur Ma'rufin mengatakan penjualan produk cepat habis seperti biskuit, mentega, sirop dan lain-lainnya akan mengalami peningkatan penjualan seperti bulan Ramadan sebelumnya.

"Ramadan tahun ini saya perkirakan kenaikan penjualan produk pangan. Bisa mencapai double digit dari Ramadan tahun-tahun sebelumnya," ujar Vidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×