kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Stasiun Sistem Ganti Baterai, Anak Usaha NFC Indonesia (NFCX) Gandeng PLN


Jumat, 24 Maret 2023 / 17:32 WIB
Tambah Stasiun Sistem Ganti Baterai, Anak Usaha NFC Indonesia (NFCX) Gandeng PLN
ILUSTRASI. Penggantian baterai sepeda motor listrik Volta.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Energi Selalu Baru (ESB), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) untuk penempatan stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) Motor Listrik Volta di properti milik PLN.

ESB merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi dan infrastruktur kendaraan listrik, khusunya stasiun Sistem Ganti Baterai motor listrik Volta.

Kerja sama penambahan stasiun SGB di Indonesia yang terjalin antara ESB dan PLN merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya.

Kini SGB sendiri telah tersedia di lebih dari 250 titik di berbagai wilayah di Indonesia, adanya kerja sama tentu berpotensi memperluas lokasi SGB di ratusan titik lokasi kantor PLN.

Pada tahap awal kerja sama, SGB akan tersedia di Kantor PLN UP3 Serpong, UP3 Cikupa, UP3 Cikokol, UP3 Teluk Naga, UP3 Banten Utara, UP3 Banten Selatan, dan Kantor UP2D.

Baca Juga: Beli Motor Listrik Volta, Bisa Dapat Gratis Kuota Data Telkomsel

Iwan Suryaputra, Chief Executive Officer PT Energi Selalu Baru menyampaikan kerja sama ini adalah wujud nyata dari komitmen ESB guna mendukung kenyamanan pengguna dalam berkendara dengan motor listrik Volta dengan menyediakan infrastruktur sistem ganti baterai motor listrik yang masif di seluruh Indonesia

Meluasnya kehadiran SGB sebagai SPBKLU merupakan jawaban kebutuhan bagi para pengendara motor listrik Volta agar proses pergantian baterai bisa lebih dekat dan cepat.

Terlebih lagi, adanya keputusan pemberian subsidi dari Pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp7.000.000 per unit sepeda motor untuk 200.000 unit di tahun 2023 di nilai akan meningkatkan jumlah pengguna motor listrik Volta.

“Volta sendiri mendapatkan subsidi karena memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40%, yakni sebesar 47,36%,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (24/3).

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo menambahkan dalam kerja sama ini nantinya PLN akan menyediakan lahan lokasi di kantor PLN untuk stasiun SGB, mendukung pasokan daya dan penyambungan listrik, dan menangani gangguan listrik di lokasi SGB, hingga pengamanan stasiun SGB itu sendiri.

Sedangkan ESB menjadi penyedia infrastruktur stasiun SGB yang sekaligus bertanggung jawab dalam pembangunan SGB.

Tak berhenti pada penempatan stasiun SGB di area milik PLN, SGB juga akan terintegrasi dalam Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang merupakan platform digital one stop services ekosistem kendaraan listrik, di aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Pemerintah Resmi Luncurkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp 7 Juta Per Unit

“Dengan adanya integrasi ini, masyarakat diberikan kemudahan karena dapat melihat lokasi SGB, hingga melakukan transaksi ganti baterai di PLN Mobile. Sinergi yang terjalin diharapkan dapat mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat seiring dengan penguatan infrastruktur kendaraan listrik yang dibangun PLN bersama dengan ESB-Volta,” kata dia.  

Ia bilang, penambahan SGB di area milik PLN merupakan langkah penting dalam meningkatkan dan memperluas aksesibilitas masyarakat dalam melakukan penukaran baterai motor listrik Volta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×