kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transisi Energi Shell, Bangun Fasilitas Pengisian Baterai EV hingga Gaet Ferrari


Minggu, 17 September 2023 / 20:46 WIB
Transisi Energi Shell, Bangun Fasilitas Pengisian Baterai EV hingga Gaet Ferrari
ILUSTRASI. Global Executive Vice President for Mobility at Shell Istv?n Kapit?ny


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Shell sebagai perusahaan energi berskala global senantiasa berinovasi dalam produk-produknya untuk mengikuti perkembangan transisi energi ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Dalam bisnis mobility alias SPBU, Shell mengembangkan fasilitas pengisian baterai untuk kendaraan listrik atau yang biasa disebut electric vehicle (EV).

Global Executive Vice President for Mobility at Shell István Kapitány mengatakan, sejauh ini, Shell memiliki lebih dari 40.000 titik pengisian baterai EV yang tersebar di 30 negara di seluruh dunia. Ada yang terletak di area yang sama dengan SPBU Shell maupun berdiri sendiri.

Di China, Shell telah memiliki sekitar 2.000 stasiun pengisian baterai EV yang terletak di SPBU dan lebih dari 800 stasiun independen.

Sementara di Indonesia, titik pengisian baterai EV Shell baru tersedia di SPBU Shell Antasasi, SPBU Shell Pluit, SPBU Shell tol Jagorawi, dan Pacific Place Mall, Jakarta.

Menurut István Kapitány, masyarakat saat ini beradaptasi dengan perubahan realitas dan perubahan di Asia terjadi sangat cepat.

"Di Asia, kami sangat bangga telah memiliki 5.000 titik pengisian baterai EV yang tersebar di 14 negara. Jumlah tersebut relatif signifikan dibandingkan dengan total EV charging Shell yang ada," tuturnya di Marina Bay Sands, Singapura, Sabtu (16/9).

Baca Juga: Sah! Pertamina dan Petronas Masuk Blok Masela Gantikan Shell

Shell juga tengah mengembangkan serta memperluas jangkauan stasiun pengisian baterai EV di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Latin. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Shell untuk menjadi perusahaan energi dengan emisi nol pada tahun 2050.

Kemudian, dalam kemitraannya dengan pabrikan mobil Scuderia Ferrari yang sudah berlangsung lebih dari 70 tahun, Shell menggunakan ajang balap mobil Formula 1 sebagai platform inovasi dekarbonisasi.

Shell dan Scuderia Ferrari mengembangkan bahan bakar serta pelumas masa depan yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi emisi karbon demi mencapai misi net-zero carbon F1 pada 2030.

Yang Shell pelajari di lintasan balap Formula 1 dibawa ke jalanan umum. Pasalnya, produk Shell V-Power yang menjadi bahan bakar Scuderia Ferrari di Formula 1 mengandung setidaknya 99% jenis komposisi yang sama dengan bahan bakar jalan raya Shell V-Power yang tersedia bagi pelanggan di seluruh dunia.

Sebagai catatan, penjualan Shell V-Power mencapai sekitar 20% dari total penjualan bahan bakar Shell secara global.

Executive Vice President for Global Lubricants at Shell Jason Wong mengatakan, untuk meningkatkan efisiensi dalam produksi pelumas serta mengurangi emisi karbon, Shell memasang panel surya di fasilitas produksinya Selain itu, Shell menggunakan sumber daya dari energi terbarukan.

Baca Juga: Shell Eco-Marathon 2023: 66 Tim Siap Bertanding di Sirkuit Mandalika

Pabrik pelumas Marunda (Marunda Lubricants Oil Blending Plant/ LOBP) di Bekasi, Jawa Barat merupakan bagian dari strategi Shell untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasionalnya.

Pabrik dengan kapasitas produksi 300 juta liter pelumas per tahun dilengkapi dengan berbagai fitur keberlanjutan yang meliputi instalasi panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air.

LOBP Marunda memproduksi beragam produk pelumas terkemuka dari Shell, yaitu Shell Helix (pelumas mesin mobil), Shell Advance (pelumas motor), Shell Rimula (pelumas mesin diesel heavy duty), Shell Spirax (pelumas transmisi), dan pelumas industri lainnya.

Produk-produk ini mendukung kebutuhan pelumas untuk kendaraan bermotor dan sejumlah sektor lainnya seperti pertambangan, pembangkit listrik, transportasi, dan pembangunan infrastruktur.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×