kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Walau terdampak pandemi Covid-19, segmen LCGC masih dilirik oleh APM


Kamis, 27 Agustus 2020 / 18:41 WIB
Walau terdampak pandemi Covid-19, segmen LCGC masih dilirik oleh APM
ILUSTRASI. mobil lcgc Toyota All New Calya


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pagebluk corona (covid-19) menekan industri otomotif. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan hemat energi harga terjangkau atau low cost green car (LCGC).

Mengintip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), angka penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) LCGC dari awal tahun sampai Juli 2020 hanya mencapai 57.471 unit. Angka tersebut merosot hingga 52,29% dibanding realisasi penjualan ritel LCGC nasional periode sama tahun lalu yang mencapai 120.473 unit.

Segendang sepenarian, angka penjualan dari diler ke konsumen alias penjualan ritel LCGC dari awal tahun hingga Juli tahun ini juga ikut menyusut  46,40% secara tahunan atau year-on-year (yoy) menjadi 67.352 unit. Sebelumnya, penjualan ritel LCGC nasional tercatat mencapai  125.672 unit.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, pelemahan daya beli yang terjadi pada masyarakat menjadi faktor di balik penurunan pasar LCGC. Amelia memperkirakan, penurunan pasar kendaraan LCGC akan memiliki angka yang kurang lebih sama dengan perkiraan penurunan mobil secara umum, yakni sekitar 60% dibanding realisasi penjualan mobil nasional tahun lalu.

“GDP (gross domestic product) kan turun, jadi daya beli turun,” ujar Amelia saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (27/8).

Baca Juga: Agen pemegang merek (APM) tetap perkuat segmen penjualan mobil LCGC

Kendaraan LCGC sendiri memiliki kontribusi yang cukup besar dalam penjualan ritel Daihatsu. Di Indonesia, penjualan LCGC Daihatsu diwakili oleh Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla. Sampai Juli 2020 lalu, penjualan ritel Daihatsu Sigra tercatat sebesar 16.631 unit atau setara dengan 28,0% dari total penjualan ritel Daihatsu di tujuh bulan pertama. 

Dengan capaian itu, Daihatsu Sigra menjadi model kendaraan yang memiliki kontribusi paling besar dibandingkan model-model lainnya dalam total penjualan penjualan ritel Januari-Juli 2020. Sementara itu, penjualan Daihatsu Ayla tercatat sebesar 7.493 unit atau setara dengan 12,6% dari total penjualan ritel Daihatsu di periode yang sama.

Amelia tidak menyebutkan target spesifik yang ingin dikejar untuk penjualan LCGC Daihatsu Yang jelas, Daihatsu menargetkan penguasaan pangsa pasar atau market share sekitar 17% dari total pasar nasional untuk keseluruhan penjualan ritel Daihatsu.

Dalam capaian tersebut, Amelia memperkirakan bahwa Daihatsu Sigra 7 seater akan menjadi model kendaraan yang akan menopang penjualan Daihatsu. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik Daihatsu Sigra yang memiliki tujuh kursi.




TERBARU

[X]
×