INDUSTRI
Berita
Kemtan tertutup soal data impor sapi

Kasus Impor Sapi

Kemtan tertutup soal data impor sapi


Telah dibaca sebanyak 1252 kali
Kemtan tertutup soal data impor sapi

JAKARTA. Ada yang berbeda di lingkungan Kementerian Pertanian (Kemtan) dalam sepekan terakhir. Sejak kasus dugaan suap dalam proses impor daging sapi tersingkap, akses informasi di kementerian ini begitu tertutup.

Menteri Pertanian Suswono sempat menggelar konferensi pers pada Jumat, (1/2) pekan lalu. Setelah itu, akses informasi sulit diperoleh. Semua
harus melalui satu pintu, yaitu Biro Kehumasan Kemtan.

Sebelum ada kasus daging impor yang menyeret mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq, jurnalis relatif mudah memperoleh informasi seputar kegiatan dan data terkait sektor pertanian. Pejabat di Kemtan, mulai menteri maupun pejabat eselon dua, umumnya terbuka.

Sekarang, informasi di Kemtan seperti barang mahal. "Silakan koordinasi dengan Biro Humas Kemtan dulu, ya," ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kemtan, Syukur Iwantoro, lewat pesan singkat kepada KONTAN, beberapa waktu lalu.

Tapi, tak ada satu pun pejabat Bagian Humas yang mau membuka mulut. Bahkan, saling lempar tanggungjawab. Kepala Biro Umum dan Humas, Sigit
Wahyudi, menolak berkomentar. "Silakan ke Kabag Humas, saya sedang rapat," kata dia lewat pesan singkat belum lama ini.

Sementara Kepala Bagian Humas, Haryanto, mengaku tak punya wewenang memberi informasi, terutama menyangkut data impor daging sapi 2013.
Untuk memperoleh data impor daging sapi pada 2012, perlu upaya ekstra.

Telah dibaca sebanyak 1252 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..