kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

95% produk hortikultura RI diserap pasar lokal


Senin, 20 Oktober 2014 / 14:38 WIB
95% produk hortikultura RI diserap pasar lokal
ILUSTRASI. Sebelum Tukar Valas, Simak Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri Hari Ini Senin (8/5)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/04/2022.


Reporter: Mona Tobing | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Kementerian Pertanian membantah adanya serbuan produk impor hortikultura. Kemtan mengklaim selama ini produksi hortikultura dalam negeri sebanyak 95% dan seluruhnya diserap pasar lokal. Kalaupun ada impor, hanya pada komoditas tertentu yang memang tidak dapat diproduksi di tanah air.

Indonesia amat bergantung pada enam komoditas hortikultura impor, yakni: kentang, bawang putih, bawang bombay, jeruk, apel dan anggur. Kondisi ini terjadi karena produksi atas enam komoditas tersebut sebagian tidak dapat diproduksi di dalam negeri.

Seperti misalnya: bawang putih dan bawang bombay. Sisanya, yakni kentang, jeruk, apel dan anggur produksi dalam negeri tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Hasanuddin Ibrahim menjelaskan, pada komoditas yang diimpor adalah produk yang memang bukan kearifan lokal. Selain juga karena luas lahan untuk menanam komoditas tersebut berbeda. Sedangkan pasar terbiasa dengan cita rasa dari produk impor.

"Jumlah produk hortikultura yang diimpor tidak sampai 5%. Hampir 95% produksi hortikultura dalam negeri diserap pasar lokal," kata Hasanuddin akhir pekan lalu. Ia juga membantah kalau selama ini produk hortikultura membanjiri pasar lokal.

Menurutnya buah impor tidak mungkin mendominasi buah lokal. Sebab akan teregulasi secara otomatis dengan pasar lokal. Selain karena alasan konsumsi yang masyarakat akan buah lokal. Faktor kecepatan sampai ditangan konsumsen membuat buah lokal lebih dipilih pasar karena sifatnya yang masih segar.

Data Ditjen Pengelolaan Pemasaran Hasil Pertanian atau P2HP Kementan mencatat selama satu semester impor hortikultura mencapai 941.288 juta ton dengan nilai mencapai US$ 926,7 juta. Jika dilihat dari trend impor hortikultura sejak tahun 2012 hingga 2013 mengalami penurunan.

Pada tahun 2012 impor hortikultura sebesar 2,13 juta ton dengan nilai US$ 1,81 miliar. Lalu turun pada tahun 2013 menjadi 1,63 juta ton dengan nilai US$ 1,61 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×