kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Berkah relaksasi PPnBM 100%, penjualan CARS terdongkrak 10% hingga Mei 2021


Senin, 14 Juni 2021 / 18:53 WIB
Berkah relaksasi PPnBM 100%, penjualan CARS terdongkrak 10% hingga Mei 2021
ILUSTRASI. PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk.

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100% untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc, ikut menuai berkah tersendiri bagi emiten dealer kendaraan roda empat tanah air. Begitu pun yang dirasakan oleh emiten jaringan dealer Toyota, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS). 

Investor Relations Bintraco Dharma, Yosef menyampaikan, secara akumulasi penjualan CARS dari Januari-Mei 2021 mengalami peningkatan sekitar 10% menjadi 6.300 unit, dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun 2020. Hal itu salah satunya didorong oleh kebijakan pemerintah yang telah memberikan relaksasi PPnBM, sehingga animo masyarakat untuk membeli mobil baru pun kian terangkat.

Yosef menyebut, diskon PPnBM 100% yang diberikan, berdampak positif terhadap penjualan beberapa jenis mobil, seperti model Multi Purpose Vehicle (MPV), Low Cost Green Car (LCGC), dan juga model Sport Utility Vehicle (SUV). 

"Model MPV seperti Avanza meningkat 19%, Innova meningkat 23%, model LCGC seperti Agya naik 23%, serta animo masyarakat yang baik terhadap produk baru model Raize," sebut Yosef kepada Kontan.co.id, Senin (14/6). 

Baca Juga: Relaksasi PPnBM belum berdampak signifikan ke kinerja Selamat Sempurna (SMSM)

Maka dari itu, CARS sendiri menyambut baik adanya kabar perpanjangan insentif PPnBM sebesar 100% hingga Agustus mendatang. Yosef berharap, keputusan tersebut dapat menjadi katalis positif bagi pasar untuk menjaga pertumbuhan permintaan produk otomotif di tengah kabar kelangkaan suplai semikonduktor dan juga kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Meskipun begitu, Yosef mengaku CARS tidak membidik target penjualan khusus di tahun 2021. Yang terang, pihaknya tetap meyakini bahwa perseroan dapat mencapai kinerja yang lebih positif dari capaian di tahun sebelumnya. 

"Sehingga berdasarkan alasan tersebut maka perseroan melalui 24 jaringan outlet dealer yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta tidak menetapkan target penjualan secara khusus maupun merencanakan ekspansi dalam waktu dekat," terangnya. 

Untuk menggenjot penjualan di sepanjang tahun ini, CARS pun menjalankan sejumlah strategi, seperti misalnya melakukan komunikasi digital secara intensif serta menyediakan layanan home service selama masa pandemi berlangsung. 

"Permintaan memang meningkat dan sempat menimbulkan antrian, namun perseroan terus berkomunikasi dengan prinsipal guna menghadirkan solusi terbaik bagi konsumen kami," pungkasnya. 

Selanjutnya: Multifinance menyambut positif perpanjangan diskon PPnBM 100%

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×