kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.060.000   18.000   0,88%
  • USD/IDR 16.445   2,00   0,01%
  • IDX 7.867   -18,52   -0,23%
  • KOMPAS100 1.102   -2,88   -0,26%
  • LQ45 800   1,11   0,14%
  • ISSI 269   -0,86   -0,32%
  • IDX30 415   0,50   0,12%
  • IDXHIDIV20 482   1,02   0,21%
  • IDX80 121   -0,09   -0,07%
  • IDXV30 132   -1,13   -0,85%
  • IDXQ30 134   0,17   0,13%

Bidik Penjualan Global Destinator 50.000 Unit , Mitsubishi Siap Ekspor ke Negara Ini


Jumat, 18 Juli 2025 / 16:36 WIB
Bidik Penjualan Global Destinator 50.000 Unit , Mitsubishi Siap Ekspor ke Negara Ini
ILUSTRASI. Mitsubishi Destinator


Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mitsubishi Motor Corporation baru saja memperkenalkan mobil sport utility vehicle (SUV) terbaru, Mitsubishi All-New Destinator. Unit yang diproduksi di Indonesia ini rencananya tidak hanya untuk memenuhi permintaan dalam negeri, tetapi juga membidik pasar ekspor dengan target penjualan global mencapai 50.000 unit per tahun.

Presiden dan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato menegaskan, Destinator akan dipasarkan ke berbagai kawasan, mulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga Afrika dan Amerika Latin.

"Indonesia menjadi hub produksi penting bagi kami, tidak hanya untuk penjualan domestik tapi juga ekspor ke lebih dari 50 negara," ujar Kato saat peluncuran Mitsubishi Destinator di Jakarta, Kamis (17/7).

Baca Juga: Mitsubishi Targetkan Penjualan Destinator 10.000 Unit di Indonesia hingga Maret 2026

Kato menambahkan, populasi besar dan posisi strategis Indonesia di ASEAN menjadi alasan utama Mitsubishi menjadikan pabrik lokal sebagai basis produksi global. Mitsubishi Destinator akan dirakit secara completely knocked down (CKD) di fasilitas Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Bekasi, Jawa Barat, dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 70%.

Untuk pasar Indonesia, Mitsubishi menargetkan penjualan Destinator sebesar 10.000 unit hingga akhir tahun fiskal Maret 2026. Penjualan akan dimulai pada 23 Juli 2025, bertepatan dengan pembukaan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

Baca Juga: Mitsubishi All-New Destinator Resmi Dirilis, Intip Dulu Spesifikasinya

Kato menyebut peluncuran model baru ini sekaligus menjadi bagian dari strategi Mitsubishi untuk membantu menghidupkan kembali pasar otomotif Indonesia.

"Ekonomi Indonesia saat ini memang slow, tapi kami yakin ke depan akan kembali tumbuh," ujarnya.

Dengan kapasitas produksi MMKI sebesar 230.000 unit per tahun, Mitsubishi memastikan bahwa kapasitas yang ada sudah cukup untuk mendukung rencana produksi dan ekspor Destinator tanpa perlu penambahan investasi baru.

Selain ASEAN dan Asia Selatan, Mitsubishi menegaskan fokus ekspansi ke kawasan non-tradisional seperti Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika sebagai bagian dari diversifikasi pasar global mereka. Langkah ini sejalan dengan strategi jangka panjang Mitsubishi untuk memperkuat posisi di pasar emerging market, sekaligus memanfaatkan fasilitas produksi lokal di Indonesia sebagai pusat ekspor utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×