kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.931.000   26.000   1,36%
  • USD/IDR 16.465   -15,00   -0,09%
  • IDX 6.898   66,24   0,97%
  • KOMPAS100 1.001   10,19   1,03%
  • LQ45 775   7,44   0,97%
  • ISSI 220   2,72   1,25%
  • IDX30 401   2,31   0,58%
  • IDXHIDIV20 474   1,13   0,24%
  • IDX80 113   1,15   1,03%
  • IDXV30 115   -0,06   -0,05%
  • IDXQ30 131   0,58   0,44%

Brio Kuasai 50% Penjualan Honda pada Kuartal I-2025, Dominasi Pasar First Time Buyer


Selasa, 06 Mei 2025 / 16:54 WIB
Brio Kuasai 50% Penjualan Honda pada Kuartal I-2025, Dominasi Pasar First Time Buyer
ILUSTRASI. Honda Brio tetap menjadi model terlaris Honda dengan kontribusi 52% terhadap total penjualan, atau sebanyak 4.260 unit pada bulan Maret 2025.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Honda Brio kembali mencatatkan performa penjualan terbaik bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) pada kuartal I-2025. 

Model hatchback kompak andalan Honda ini menyumbang sekitar 50% dari total penjualan perusahaan secara nasional dalam periode Januari–Maret 2025.

“Brio masih menjadi tulang punggung penjualan kami. Kontribusinya sekitar 40–50 persen. Ini sangat kuat karena didukung oleh karakteristik pasar Indonesia yang didominasi oleh generasi muda dan pembeli mobil pertama,” ujar Yusak Billy, Sales & Marketing and Aftersales Director HPM kepada wartawan, Selasa (6/5).

Dari total penjualan Brio, sekitar 70% disumbang oleh konsumen first time buyer menandakan bahwa Brio sangat diminati oleh masyarakat yang baru pertama kali membeli kendaraan pribadi.

“Brio punya kombinasi yang sangat cocok untuk anak muda: desain stylish dan sporty, fitur memadai, serta harga yang terjangkau. Ini yang membuatnya unggul di segmen entry level,” jelas Yusak.

Baca Juga: PPN 12%, Harga City Car Honda Brio, Agya, S-Presso, Sirion Naik Februari 2025

Selain Brio, model lain seperti HR-V, WR-V, dan BR-V turut memberikan kontribusi dalam kisaran belasan persen terhadap total penjualan. Meski secara porsi jauh di bawah Brio, model-model ini tetap menjadi bagian penting dari portofolio Honda di Indonesia.

Menanggapi sejumlah isu global termasuk potensi kebijakan baru dari pemerintahan Amerika Serikat di bawah Donald Trump yang bisa berdampak pada harga komoditas dan rantai pasok, HPM menyatakan bahwa perusahaan terus memantau situasi dan fokus pada menjaga nilai terbaik untuk konsumen.

Baca Juga: Penjualan Honda Naik 5,3% di Tengah Lesunya Pasar Mobil, Brio Jadi Andalan

“Bagi kami, yang penting adalah memberikan value terbaik kepada konsumen. Soal harga itu relatif, tapi kami pastikan konsumen tetap merasa mendapatkan lebih dari yang mereka bayarkan,” ujar Yusak.

Soal regulasi dalam negeri seperti CTKDN (Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri), Yusak menyatakan bahwa Honda selalu menyesuaikan strategi agar tetap selaras dengan arah kebijakan pemerintah dan keberlangsungan industri otomotif nasional.

“Kami monitor terus semua perkembangan regulasi, baik global maupun nasional. Kami pastikan strategi bisnis kami tetap adaptif dan relevan,” pungkasnya.

Baca Juga: Honda Catat Peningkatan Penjualan 5,3% pada Bulan Maret 2025, Brio Paling Laris

Selanjutnya: Tabungan Haji Perbankan Melesat pada Kuartal l Tahun 2025

Menarik Dibaca: Apakah Kolesterol Bisa Sembuh? Ini Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×