kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Buruan ada rumah murah seharga Rp 140 juta dengan cicilan Rp 893.000 per bulan


Minggu, 03 Februari 2019 / 12:52 WIB
Buruan ada rumah murah seharga Rp 140 juta dengan cicilan Rp 893.000 per bulan

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia Properti Expo 2019 yang diselenggarakan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menawarkan berbagai jenis hunian rumah, baik rumah subsidi maupun non-subsidi.

Untuk rumah subsidi, ada beberapa pengembang yang memasarkannya dengan harga variatif di sejumlah lokasi yang berbeda. Salah satunya yaitu PJA Group.


Pengembang ini menawarkan rumah subsidi dengan harga paling murah Rp 141 juta di tiga lokasi proyek yang benama Pesona Gading Cibitung 2, Vila Gading Harapan 5, dan Bukit Gading Balaraja. Rumah di masing-masing proyek tersebut memiliki luas bangunan 29 meter persegi.

Untuk rumah di Pesona Gading Cibitung 2 dan Vila Gading Harapan 5, luas tanahnya 72 meter persegi. Sementara rumah di Bukit Gading Balaraja tanahnya seluas 60 meter persegi. Uang muka yang harus dibayar konsumen senilai Rp 7,5 juta.

Namun, Pesona Gading Cibitung 2 memberikan diskon uang muka Rp 5 juta sehingga pembeli hanya membayar uang muka Rp 2,5 juta. Untuk angsuran per bulannya, sekitar Rp 893.000 berlaku selama 20 tahun dengan suku bunga 5 persen.

Namun, karena ini merupakan rumah subsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), maka syarat pembelinya pun berbeda dari rumah non-subsidi. Paling tidak ada dua syarat yang harus dipenuhi konsjmen untuk bisa membeli rumah seperti yang disebutkan di atas.

Pertama, calon pembeli wajib memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan. Jika berprofesi sebagai karyawan, harus menunjukkan bukti berupa slip gaji bulanan. Namun, apabila profesinya sebagai wiraswasta atau pengusaha kecil bisa menunjukkan rekening tabungan selama tiga sampai enam bulan terakhir.

“Jadi kalau dia itu pegawai harus menunjukkan slip gajinya, tapi kalau wiraswasta ya harus ada rekening tabungan paling enggak tiga bulan terakhir,” ujar Dodi, tenaga penjual, saat ditemui Kompas.com di lokasi pameran, Jakarta, Sabtu (2/2). Syarat kedua yaitu calon pembeli belum pernah mendapatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) sebelumnya.

Penulis : Erwin Hutapea

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Rumah Murah Rp 140 Jutaan, Cicilan Rp 893.000 Per Bulan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×