kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerestar Indonesia (TRGU) Siap Amankan Pasokan Gandum untuk Kebutuhan Ramadan


Selasa, 06 Februari 2024 / 16:44 WIB
Cerestar Indonesia (TRGU) Siap Amankan Pasokan Gandum untuk Kebutuhan Ramadan
ILUSTRASI. PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) siap mengamankan pasokan gandum menjelang momentum Ramadan.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen tepung olahan gandum, PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) siap mengamankan pasokan gandum menjelang momentum Ramadan.

Corporate Secretary Cerestar Indonesia, Mulyadi Chandra mengatakan, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, terdapat sedikit peningkatan atas permintaan terigu untuk pembuatan kue dan makanan khas lebaran lainnya di momentum Ramadan.

"Dalam menghadapi peningkatan permintaan tersebut, kami telah melakukan langkah-langkah strategis. Untuk kebutuhan gandum, kami sudah memastikan ketersediaannya sampai dengan kuartal 1 tahun ini, terlebih hingga awal kuartal 2," kata Mulyadi kepada KONTAN, Selasa (6/2).

Baca Juga: Industri Tepung Terigu Masih Punya Potensi Besar untuk Tumbuh Tahun Ini

Selain itu, kata Mulyadi, TRGU melihat konsumsi terigu di Indonesia masih dibilang rendah, sehingga Perusahaan secara konsisten dari 2014 melakukan ekspansi kapasitas.

Saat ini, total kapasitas pabrik penggilingan tepung terigu TRGU sebesar 1.600 MT/hari, dan yang seperti diketahui Perusahaan melakukan penambahan kapasitas sebesar 600 MT/hari, sehingga total kapasitas dikomersialisasi menjadi 2.200 MT/hari yang diperkirakan beroperasi di akhir kuartal 1 2024 atau di awal kuartal 2 2024.

Mulyadi menuturkan, tahun lalu harga tepung mengalami penurunan yang cukup banyak yang disebabkan oleh menurunnya harga bahan baku gandum. Sejak kuartal IV 2023, harga gandum sudah mulai stabil yang diikuti dengan stabilnya harga tepung.

"Di awal tahun ini, harga tepung cenderung mengalami sedikit peningkatan atau rebound dari tahun lalu. Saat ini, harga tepung adalah kurang lebih Rp. 6.000,- /kg," ujar Mulyadi.

Sebagai informasi, harga beras di Indonesia telah mencapai Rp. 13.000,- /kg. Apabila melihat perbedaan harga yang jauh antara tepung dan beras, masih ada kemungkinan peningkatan pada harga tepung.

Selain itu, TRGU juga terus memantau kondisi pasar dan melakukan analisis yang cermat terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi harga tepung. Dengan pemahaman yang baik tentang dinamika pasar, Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga harga tetap stabil dan terkendali.

Baca Juga: Rampungkan Processing&Packing Facilities Bahan Baku Pakan Ternak,TRGU Optimis di 2024

Mulyadi menegaskan dalam kondisi pasar yang normal, tidak ada kendala besar terkait dengan pasokan gandum atau harga terigu dan menjelang Lebaran. Produsen umumnya telah melakukan persiapan dengan baik untuk memastikan ketersediaan stok dan menjaga harga tetap stabil.

Namun, lanjut Mulyadi, Perusahaan tetap selalu berhati-hati dan terus memantau perkembangan pasar gandum maupun permintaan tepung dengan seksama, serta Perusahaan siap untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi eksternal yang mungkin mempengaruhi industri ini.

Di tahun 2024 ini, TRGU berharap revenue akan tetap tumbuh, proyeksi perbaikan di harga jual dapat meningkatkan margin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×