kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.819.000   -7.000   -0,38%
  • USD/IDR 16.565   0,00   0,00%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

Chatbot Disebut Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Selasa, 27 September 2022 / 16:12 WIB
Chatbot Disebut Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
ILUSTRASI. Start up chatbot Botika.Chatbot Disebut Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berdasarkan data riset yang dilakukan PricewaterhouseCoopers (PwC) 73% konsumen di Indonesia menyatakan bahwa customer experience salah satu faktor penting yang dipertimbangkan saat mengambil sebuah keputusan. 

Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi dua arah antara perusahaan dan konsumen. Hal ini memberikan kemudahan akses bagi konsumen yang berakibat melonjaknya pesan yang masuk kepada perusahaan. 

Lonjakan pesan ini membuat perusahaan kewalahan dalam merespons pesan dari konsumen. 

Sementara pesan-pesan masuk terus berdatangan, yang tentunya membuat customer service kelimpungan untuk membalas pesan-pesan tersebut sehingga respons yang diterima oleh konsumen pun menjadi lambat dan berpotensi mengurangi kepuasan konsumen dalam berbelanja. 

Baca Juga: Inilah Cara Menggunakan Anonymous Chat Bot Telegram

CEO PT TapTalk Teknologi Ritchie Nathaniel mengatakan, guna mengatasi masalah tersebut, kini perusahaan dapat menggunakan teknologi chatbot sebagai alternatif. 

"Chatbot atau chatterbot merupakan sebuah aplikasi interaktif yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui platform chat sebagai media komunikasi. Dengan chatbot, perusahaan dapat meningkatkan hubungan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen tanpa harus menambah jumlah customer service,” ujar CEO PT TapTalk Teknologi Ritchie Nathaniel dalam siaran pers, Selasa (27/9). 

Berikut manfaat penggunaan chatbot dalam bisnis:

Responsif

Layanan konsumen menggunakan tenaga manusia seperti customer service tentunya memiliki batasan seperti jam kerja. Sementara, banyak konsumen yang membutuhkan pelayanan secepat mungkin bahkan di luar jam kerja customer service. Dengan menggunakan chatbot, konsumen akan mendapatkan pelayanan yang responsif setiap saat tanpa adanya batasan waktu.

PT TapTalk Teknologi

Meningkatkan pengalaman konsumen

Chatbot secara proaktif dapat terlibat dalam percakapan dengan konsumen, dengan memberikan jawaban yang sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh konsumen.

Baca Juga: Supplynow Hadirkan Solusi Rantai Pasok dari Petani ke Industri Horeka

Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas pengalaman berbelanja konsumen karena mendapat solusi atas masalah yang mereka hadapi secara cepat dan tepat. 


Survei KG Media

Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×