kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cladtek Dorong Produksi Pipa Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan


Senin, 26 Februari 2024 / 10:12 WIB
Cladtek Dorong Produksi Pipa Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan
ILUSTRASI. Para pekerja membuat pipa pada pabrik Cladtek di Batam.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan multinasional di bidang perpipaan, cladding CRA dan komponen aksesori untuk industri minyak dan gas, PT Cladtek Bi Metal Manufacturing berusaha memproduksi pipa yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk transisi energi.

Salah satu upaya keberlanjutan Cladtek yang sudah diterapkan yaitu dalam pengembangan-pengembangan produk. Cladtek menggunakan Corrosion-Resistant Alloy (CRA) untuk memproduksi pipa berlapis mekanis dan lapisan las (Cladding) sebagai solusi khusus untuk industri energi.

CEO Cladtek Group Lee Wilson mengatakan, Cladtek menekankan pentingnya energi ramah lingkungan dan bersih dengan dampak lingkungan minimal, dan secara aktif mengerjakan proyek transisi energi termasuk Panas Bumi, dan Penangkapan (capture) Karbon (Carbon Capture Utilization and Storage-CCUS).

“Seiring dengan komitmen banyak negara untuk mencapai netralitas karbon dan net-zero emission pada 2050, Cladtek mendukung upaya keberlanjutan ini dengan mendorong inovasi ramah lingkungan,” kata Lee Wilson dalam keterangan resminya, Senin (26/2).

Ia menuturkan, pengalaman Cladtek di sektor minyak dan gas (migas) dengan Produk CRA menunjukan bahwa perusahaan dapat berpartisipasi dalam perubahan bauran energi melalui dua cara.

Pertama, produksi migas yang lebih bersih, dengan menggunakan CRA lined pipe (MLP) untuk menangkap dan menyerap emisi Karbon. Kedua, mengadaptasi solusi produk migas tradisional untuk sektor panas bumi, seperti Mechanically CRA Lined Tubulars (MLT). 

Perusahaan yang berbasis di Batam ini juga berusaha memperkuat bisnisnya di bidang pembuatan pipa cladding (pelapisan pipa) untuk industri. Salah satu produk yang diandalkan oleh Cladtek adalah Corossion Resistant Alloy (CRA) tipe Mechanically Line Pipe (MLP).

Cladtek berdiri sejak tahun 2003 dan memulai produksinya di Batam pada 2007. Adapun ekspansi ke Brazil dilakukan pada 2011 dan Arab Saudi pada 2018 silam. lebih dari 95% produk Cladtek ditujukan ke pasar ekpor.

Bisnis Cladtek pun tergolong segmentif lantaran pipa yang dihasilkan lebih banyak dijual untuk keperluan pengeboran di industri minyak dan gas (migas).  Beberapa perusahaan migas global telah menggunakan produk pipa, khususnya MLP, buatan Cladtek. Misalnya, Aramco, Petrobas, Chevron, ExxonMobil, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×