kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat lisensi bikin Chromebook, Axioo sudah memiliki kandungan lokal 43%


Jumat, 23 Juli 2021 / 22:36 WIB
Dapat lisensi bikin Chromebook, Axioo sudah memiliki kandungan lokal 43%
ILUSTRASI. Perakitan ponsel AXIOO - ilustrasi TKDN tingkat kandungan dalam negeri ponsel lokal perakitan lapto dan tablet.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menginginkan industri lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Maka, korporasi berlomba mengembangkan produk mereka sembari tetap mengedepankan kandungan dalam negeri.

Salah satunya PT Tera Data Indonusa. Pemilik merek Axioo ini memperkuat industri dengan produk laptop. Axioo juga mewujudkan engineering center untuk laptop di Indonesia. Langkah inii diharapkan dapat memicu terbentuknya ekosistem laptop mulai dari intektual properti hingga komponen utama dan komponen pendukung produk laptop di dalam negeri. Ini akan membuka peluang besar bagi pengembangan industri di dalam negeri baik industri besar maupun kecil.

Axioo juga berkontribusi aktif untuk berinvestasi dalam intelektual properti lokal Indonesia. Dengan ini semua, Axioo mendukung transfer ilmu bidang teknologi ilmu komputer. Baik berupa industrial design (ID), mechanical engineering (ME), electrical engineering (EE), prototyping dan pengembangan sumber daya manusia serta mendorong lokalisasi produksi komponen.

Kini  Axioo mampu mewujudkan pencapaian kandungan lokal (TKDN) mencapai  43%. Pencapaian tersebut memenuhi Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, Pasal 66 yang menyatakan Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah wajib menggunakan produk dalam negeri apabila terdapat produk dalam negeri yang memiliki penjumlahan nilai TKDN paling sedikit 40%. 

“Kami akan terus mengupayakan seluruh produk Axioo memiliki nilai TKDN di atas 40% sebagai upaya kami mendukung program pemerintah membangkitkan industri dalam negeri," ujar Michael Sugiarto, Direktur Utama PT Tera Data Indonusa, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (23/7). 

Pencapaian lain Axioo adalah meraih lisensi Chromebook untuk merilis laptop berbasis sistem operasi bikinan Google dengan kualitas yang setara merek-merek laptop global. Axioo melanjutkan kerjasama dengan Intel untuk memasok chip komputasi pada Chromebook. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×