kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dihantam pandemi, 13 gerai Ramayana (RALS) ini masih ditutup sementara


Selasa, 08 September 2020 / 16:22 WIB
Dihantam pandemi, 13 gerai Ramayana (RALS) ini masih ditutup sementara
ILUSTRASI. Warga memilih pakaian yang dijual di pertokoan kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Kamis (21/5/2020). Sejumlah pengelola toko pakaian di kawasan Malioboro menerapkan protokol kesehatan dengan imbauan mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak g


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten peritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) masih menutup sementara 13 gerainya sejak akhir Maret 2020 akibat pandemi COVID-19.

Berdasarkan keterangan resmi RALS yang diterima Kontan, Perseroan awalnya menutup sementara 94 gerainya karena peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Adapun 13 gerai yang masih ditutup sementara adalah gerai Pasar Baru, Bogor, Banjarmasin, Baturaja, Duri, Payakumbuh, Kotabaru, Solo, Bekasi, Cakung, Cirebon, Yogyakarta, dan Bali. Lalu satu gerai, yakni Kusuma Bangsa, Surabaya tutup pada Februari.

Baca Juga: Chatib Basri wanti-wanti pola pemulihan ekonomi Indonesia bisa U-shaped

"Pembukaan kembali gerai Ramayana yang prospektif dan di daerah non-PSBB dilakukan secara bertahap sejak pertengahan bulan April, dan sampai dengan tanggal 30 Juni, Ramayana telah mengoperasikan kembali 105 gerai dari total 118 gerai. Adapun pembukaan kembali gerai tersebut dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan memprioritaskan keamanan pelanggan dan karyawan Ramayana," jelas manajemen sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima oleh Kontan, Selasa (8/9).

Pembatasan jam operasional gerai, terutama gerai yang terletak di mall atau pusat perbelanjaan, serta menurunnya daya beli masyarakat akibat berkurangnya pendapatan dan Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK, turut memberi berdampak negatif terhadap performa Perseroan sepanjang semester pertama tahun 2020.

RALS menjabarkan, penjualan RALS di are DKI Jakarta, Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa merosot lebih dari 50%. Total penurunan penjualan yang terjadi secara nasional sebesar 57,0% sepanjang semester I 2020.

Baca Juga: Merugi di kuartal II, Ciptadana kerek target saham Perusahaan Gas Negara (PGAS)

Sepanjang semester I tahun 2020, RALS mencatatkan penjualan kotor sebesar Rp2,19 triliun atau turun 58,3% dari Rp5,26 triliun di semester pertama tahun 2019.

Pendapatan bersih ikut turun 57,8% menjadi Rp1,47 triliun. Adapun penjualan kotor di kuartal kedua tahun 2020 menyumbang penurunan terbesar sebanyak 77,5% imbas dari penutupan gerai, pembatasan jam operasional gerai, serta menurunnya daya beli masyarakat.

"Padahal, kuartal kedua merupakan periode yang sangat krusial bagi Ramayana, dimana terdapat musim Lebaran yang berkontribusi sangat besar terhadap penjualan dan laba Perseroan," sambungnya.




TERBARU

[X]
×