kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,93   -7,32   -0.73%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Keberlanjutan Lingkungan, Astra Property Tanam Ratusan Pohon


Senin, 12 Februari 2024 / 21:06 WIB
Dorong Keberlanjutan Lingkungan, Astra Property Tanam Ratusan Pohon
ILUSTRASI. Astra Property melakukan simbolisasi penanaman tanaman langka di Cikupa, Tangerang sebagai bentuk upaya keberlanjutan lingkungan


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Dorong keberlanjutan lingkungan, Astra Properti tanam 300 bibit pohon. Penanaman ini diproyeksi bisa menyerap 18 total CO2 per tahun. 

Sebagai bagian dari PT Astra International Tbk, Astra Property yang sudah berdiri sejak 2013 silam sudah memiliki sembilan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pengelolaan properti, serta investasi. Astra Property berkomitmen terus meningkatkan standar kualitas properti di semua kelas kehidupan sebagai perwujudan kontribusinya pada peningkatan kualitas hidup setiap pribadi dan komunitas pada umumnya. 

Salah satunya lewat kegiatan untuk mendorong keberlangsungan lingkungan dalam Pranaraksa. Pranaraksa sudah dilakukan oleh Astra Property sejak 2018 silam. 

Adapun kegiatan ini berupa penanaman bibit tanaman langka di beberapa wilayah. Sejauh ini sudah 1000 bibit yang ditanam di berbagai daerah. Salah satunya yang terbaru di Ammaia Ecoforest, Tangerang. 

Di wilayah tersebut ditanam sejumlah 300 bibit yang diestimasi dapat menyerap sebanyak 18 tCO2/tahun. Nilai ini setara dengan pengurangan emisi yang dikeluarkan dalam perjalanan 6 orang dengan pesawat dari Jakarta ke Osaka, pulang pergi.

Baca Juga: KLHK Melakukan Penanaman 1.000 Pohon di Jawa Barat

Wibowo Muljono selaku Wakil Presiden Direktur Astra Property mengatakan melalui Pranaraksa, pihaknya berharap tanaman-tanaman Nusantara yang kini mulai langka, dapat kembali lestari dan terhindar dari kepunahan.

"Karena selain penanaman, kegiatan Pranaraksa juga meliput pengumpulan, pendataan, pembibitan, dan penyebarluasan kembali ke masyarakat," katanya. 

Lebih lanjut Wibowo menjelaskan bahwa ini bagian dari Earth Life Matters Astra Property dalam bidang pelestarian lingkungan, yang memiliki tujuan untuk menurunkan produksi Gas Rumah Kaca, yang masuk dalam pilar#EveryEnvironmentMatters. Kehadiran Pranaraksa Center di Ammaia Ecoforest diharapkan dapat berkontribusi dalam komitmen penghijauan di area lingkungan residensial.

Disamping itu, Ammaia Ecoforest juga dilengkapi dengan berbagai fitur green living yang sesuai dengan sertifikasi Greenship Neighborhood peringkat Gold yang didapatkan dari Green Building Council Indonesia (GBCI)

“Selain sebagai tempat untuk konservasi tanaman langka asli Indonesia, kegiatan Pranaraksa juga diharapkan dapat menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai tanaman Nusantara yang saat ini sudah mulai jarang dijumpai,” tutup Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×