Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) menatap prospek industri MICE di tahun depan dengan optimistis. Seiring dengan itu, perseroan membidik pertumbuhan pendapatan sekitar 5% pada tahun 2026.
Corporate Secretary Dyandra Media International Mirna Gozal mengatakan, DYAN cukup optimistis dengan pertumbuhan industri MICE di Indonesia. Pada tahun depan DYAN akan berfokus pada pengembangan event berskala besar, baik di segmen nasional, internasional, maupun IP event.
“Penyumbang kontribusi pendapatan terbesar masih berasal dari segmen event atau exhibition organizer, melalui penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional dari sektor korporasi, asosiasi, dan BUMN serta pengembangan IP event Dyandra tahunan maupun IP event yang baru,” ungkap Mirna, kepada Kontan.co.id, Senin (3/11/2025).
Baca Juga: Industri Pusat Perbelanjaan Optimistis Sambut Nataru Meski Daya Beli Masih Lemah
Menurut pemaparan Mirna, DYAN juga melihat potensi ekspansi event ke luar kota Jakarta di tahun 2025. Ini menjadi salah satu fokus utama perseroan dalam memperluas pasar MICE di Indonesia.
DYAN melihat peluang besar di kota-kota berkembang seperti Medan, Makassar, Yogyakarta, dan Balikpapan, yang memiliki pertumbuhan ekonomi daerah yang pesat, peningkatan infrastruktur, serta daya beli masyarakat dan korporasi lokal semakin kuat.
DYAN melalui anak usahanya, PT Dyandra Promosindo juga telah mengumumkan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Balikpapan 2026. Hal ini merupakan bagian dari strategi ekspansi geografis dan penguatan event berbasis IP event milik sendiri.
“Langkah ini menjadi bukti komitmen DYAN untuk memperluas penetrasi pasar ke luar kota besar dan memanfaatkan potensi MICE di daerah,” kata Mirna.
Manajemen DYAN melihat industri MICE di Indonesia dalam 3 tahun-5 tahun mendatang akan terus bertumbuh seiring peningkatan aktivitas ekonomi, kolaborasi bisnis, serta dukungan pemerintah terhadap pariwisata dan event nasional.
Tren ke depan akan mengarah pada event berbasis pengalaman (experience-based), event lifestyle seperti olahraga dan health & wellness dan lainnya.
“DYAN memposisikan diri sebagai penyelenggara event terdepan dengan fokus pada pengembangan IP event, ekspansi ke daerah potensial, dan layanan terintegrasi,” imbuh Mirna.
Baca Juga: DYAN Siapkan Strategi Ini untuk Genjot Kinerja Segmen MICE pada Kuartal IV-2025
Selanjutnya: Kabar Superbank IPO Rp 5,35 Triliun, Begini Kinerja Keuangannya yang Melesat Tinggi
Menarik Dibaca: Hasil Korea Masters 2025, Dua Wakil Indonesia Maju ke Babak Semifinal
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













