kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elnusa (ELSA) Telah Implementasi Studi EOR Di Sejumlah Proyek Hulu Migas


Kamis, 15 Februari 2024 / 16:58 WIB
Elnusa (ELSA) Telah Implementasi Studi EOR Di Sejumlah Proyek Hulu Migas
ILUSTRASI. PT Elnusa Tbk mengimplementasikan studi reservoir dan Enhanced Oil Recovery (EOR) di beberapa proyek hulu migas. KONTAN/Muradi/2015/05/06


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Elnusa Tbk (ELSA) fokus mengembangkan bisnis yang lebih ramah lingkungan dengan mengimplementasikan studi reservoir dan Enhanced Oil Recovery (EOR) di beberapa proyek hulu migas. 

Layanan jasa studi ini akan memberikan pemodelan dan simulasi reservoir untuk mengoptimalkan operasi CO2 Huff-and-Puff dalam reservoir batugamping (limestone). Hasil dari simulasi CO2 Huff-and-Puff memberikan rekomendasi berupa parameter rate optimal untuk injeksi dan produksi serta waktu perendaman (soaking time).

Ruang lingkup jasa reservoir dan EOR meliputi kegiatan survei kondisi sumur, sampling fluida dan batuan, pembuatan bahan kimia yang digunakan, dan melalui proses uji coba sebelum akhirnya bisa diaplikasikan di lapangan.

Baca Juga: Ada Elnusa (ELSA) di Balik Kenaikan Produksi Gas Prabumulih Field

Manager Corporate Communication Elnusa Jayanty Oktavia Maulina mengatakan siap untuk revolusi industri energi melalui terobosan teknologi terkini. 

Pada tahun 2018, Elnusa menerapkan aplikasi EOR injeksi polimer di sumur T46 di Lapangan Tanjung, Aset 5 PEP. Penawaran layanan ini memperlihatkan keahlian Elnusa dalam pemodelan dan simulasi reservoir, yang secara khusus dirancang untuk mengoptimalkan operasi CO2 Huff-and-Puff di reservoir batu gamping.

Pada tahun 2023, Elnusa menjalin kesepakatan dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk melakukan pekerjaan teknologi stimulasi reservoir untuk EOR di Wilayah Kerja Rokan. 

Dengan berkolaborasi dengan Pertamina Upstream Research and Technology Innovation (URTI), Elnusa telah aktif terlibat dalam mengimplementasikan teknologi stimulasi reservoir di lingkungan PHR WK Rokan. 

“Kami memiliki DNA resilience dan inovasi sejak 54 tahun lalu berdiri, dan dengan itu kami bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan ke depan sesuai dengan Roadmap Environmental, Social, and Governance (ESG) Perseroan yang saat ini sedang ditinjau kembali,” tutur Jayanty dalam keterangan resmi, Kamis (15/2). 

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Bidik Potensi Bisnis CCS/CCUS

Jayanty menambahkan, pihaknya berfokus untuk mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan sesuai dengan strategic direction. 

Meski begitu, ELSA juga tetap menyadari tantangan yang inheren khususnya dalam lanskap bisnis Energi yang berkelanjutan. 

“Perseroan mengakui perlunya beradaptasi dengan tantangan yang berkembang dan perubahan untuk tetap kompetitif dan memberikan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan,” tutup Jayanty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×