Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics baru saja meluncurkan aplikasi BGR access, yang menawarkan jasa kepada penggunanya untuk membuang ataupun loakan barang bekas elektronik yang dimiliki karena sudah rusak ataupun sudah tidak digunakan.
Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa peluncuran aplikasi BGR Access ini, menjawab kebutuhan masyarakat yang kesulitan membuang barang bekas elektronik yang dimiliki.
Baca Juga: BGR teken kerja sama kirim material proyek PTPP
Hal ini sejalan dengan komitmen BGR Access yang ingin memberikan manfaat secara ekonomi, menjaga lingkungan, dan menggandeng masyarakat untuk menambah penghasilan, serta sesuai dengan tagline perusahaan sebagai Digital Logistics Company.
Tidak hanya sekedar aplikasi, namun BGR Access juga telah membangun ekosistem logistik dalam pemindahan barang bekas elektonik milik masyarakat tersebut. Untuk memperlancar proses logistik, BGR Access telah bekerjasama dengan Grab dan Triplogic, yang bertindak sebagai picker yang mengambil barang dari customer dan diantar ke Mitra BGR Access.
Ekosistem selanjutnya adalah Mitra BGR Access, dapat berupa perorangan, UMKM, ataupun kelompok masyarakat yang berperan menyediakan tempat untuk meletakkan sementara barang bekas elektronik dari masyarakat sebelum nantinya diambil oleh transporter BGR Logistics untuk dibawa ke pengolahan.
Baca Juga: Genjot bisnis Kargo, Garuda Indonesia gandeng BGR
“Kami saat ini tengah menggandeng BRI yang memiliki banyak agen BRILink di Jakarta dan juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang membina ribuan bank sampah di Jakarta,” terang Kuncoro dalam keterangan tertulis, Kamis (21/11).
Kuncoro, menambahkan bahwa semua kegiatan yang terjadi pada aplikasi ini, akan berlangsung secara digital dan telah diolah oleh sistem. Atas semua usaha yang dilakukan oleh pengguna dan mitra, perusahaaan memberikan dana kompensasi, yang dapat langsung dilihat pada aplikasi BGR Access.
“Sangat memudahkan, pengguna dan mitra cukup melihat informasi pada aplikasi atas perkiraan besaran dana kompensasi yang akan didapat, tidak perlu timbang-menimbang barang lagi,” ungkapnya.
Selain Grab dan Triplogic, yang membantu ekosistem BGR Access, untuk layanan transfer dana milik pelanggan ataupun mitra atas transaksi yang terjadi, kami juga telah menggandeng Bank BRI yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama pada hari ini dan Bank BCA.
Baca Juga: BGR ekspansi di Palembang bermodal gudang baru
"Selain itu kedepannya, kami juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan LinkAja yang akan memberikan variasi pilihan transfer saldo milik pengguna BGR Access," sebut Kuncoro.
Sebagai penutup, Kuncoro menyebutkan bahwa layanan BGR Access tidak akan berhenti sampai pada barang bekas elektronik. Pihaknya, tengah mempersiapkan sejumlah layanan logistik lainnya yang akan memberikan manfaat lebih besar dan juga layanan e-commerce yang akan mempermudah pengguna mendapatkan komoditas pangan dan bahan makanan pokok.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News