kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

GAPKI pastikan stok dan produksi CPO untuk B20 aman


Kamis, 27 September 2018 / 19:35 WIB

GAPKI pastikan stok dan produksi CPO untuk B20 aman
ILUSTRASI. Pengisian Biodiesel B20 di TBBM Pertamina

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi implementasi biodiesel 20% (B20) yang terkendala di penyaluran, dinilai sebagai hal yang normal. Apalagi mandatori baru diterapkan pada awal bulan sehingga jadi periode kajian dan evaluasi. Dari sisi pengusaha sawit, pasokan dan produksi tetap terpantau aman.

Sekretaris Jendral GAPKI Togar Sitanggang menyatakan, permintaan FAME untuk sektor non-PSO sebesar 940.407 kiloliter untuk pengadaan September-Desember tahun ini, kemungkinan tercapai 75%-80%.


"Dengan situasi logistik dan administrasi kita bisa mencapai 70% bagus, Oktober sudah bisa semuanya," kata dia, Kamis (27/9).

Menanggapi laporan PT Pertamina yang menyatakan baru menerima realisasi 62% penerimaan bahan FAME selama periode 1-25 September, Togar menilai hal tersebut sebagai evaluasi yang bisa terus ditingkatkan.

Kemudian terkait usulan Pertamina untuk mengirimkan bahan FAME ke terminal bahan bakar mesin (TBBM) Pertamina saja ketimbang ke seluruh TBBM pencampuran, Togar mendukung ide tersebut. Bahkan pihaknya sebenarnya telah mengajukan hal tersebut sedari awal karena lebih efisien.

"Kesiapan itu kita 100% untuk kuantitas sekarang kan masalahnya antara Badan Usaha BBN dengan pencampur, ada yang menghalangi di tengah ini. Ada prosesnya, apakah itu kapal truk, atau cuaca," katanya.


Reporter: Tane Hadiyantono
Editor: Narita Indrastiti

Video Pilihan


Close [X]
×