kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding BUMN Farmasi optimistis dapat kuasai pangsa pasar nasional di 2020


Rabu, 05 Februari 2020 / 16:35 WIB
Holding BUMN Farmasi optimistis dapat kuasai pangsa pasar nasional di 2020
Direktur Utama Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma menyampaikan keterangan pers tentang holding BUMN farmasi di Jakarta, Rabu (5/2/2020).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keputusan pemerintah membentuk Holding BUMN Farmasi membuat perusahaan farmasi pelat merah semakin kuat dan bisa menguasai pangsa pasar nasional.

Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, saat ini industri farmasi sangat ketat, ada lebih dari 200 industri farmasi saat ini di Indonesia, kondisi itu  menjadikan tidak ada perusahaan farmasi yang terlalu dominan. 

Baca Juga: Indofarma (INAF) telah mengalihkan 80,66% saham ke Bio Farma

"Kami optimistis bisa menjadi industri nomor satu dalam negeri dengan menargetkan pangsa pasar di akhir tahun ini sekitar 7,5% -10%," jelasnya saat konferensi pers, Holding. 

Lebih rinci Honesti menyatakan, Kimia Farma saat ini berada di posisi ranking tiga atau empat sejak 2017. Adapun saat ini pangsa pasar Kimia Farma sebesar 3,5%, kemudian PT Indofarma Tbk (INAF) pangsa pasarnya  0,5%. 

Adapun sebelum holding BUMN Farmasi, perusahaan pelat merah kerap berebut pasar yang sama. Semisal, bisnis generik yang tidak hanya dilakukan Kimia Farma tapi juga Indofarma.   

Adapun dengan penguasaan pangsa pasar ini, Biofarma sebagai induk holding BUMN Farmasi menargetkan pendapatan konsolidasi holding sebesar Rp 16,8 triliun. Adapun anggaran belanja modalnya atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 2 triliun sampai Rp 3 triliun.   

Baca Juga: Analis: Holding rumahsakit pelat merah bukan ancaman bagi swasta

Rinciannya, Rp 500 miliar dari Biofarma akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas pabrik, kemudian Rp 2 triliun dari Kimia Farma untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik karena sekarang lagi bangun pabrik di Banjaran dan Pulogadung, dan sisanya Rp 300 miliar dari Indofarma untuk medical device dan herbal

Adapun untuk belanja modal, Honesti mengungkapkan kebutuhan belanja modal 60% dari eksternal dan 40% dari internal.  




TERBARU

[X]
×