kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding PTPN bidik produksi gula 1 juta ton pada musim giling ini


Rabu, 03 Juni 2020 / 15:31 WIB
Holding PTPN bidik produksi gula 1 juta ton pada musim giling ini
ILUSTRASI. Sejumlah buruh mengangkut tebu saat panen di pesawahan Desa Bendo, Magetan, Jawa Timur, Selasa (11/7). Buruh tebu musiman asal Kabupaten Blora, Jateng tersebut tersebut mengaku memanfaatkan datangnya musim panen tebu dengan menjadi buruh panen dan angkut


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) menargetkan produksi gula oleh anak perusahaannya bisa mencapai 1 juta ton di musim giling tebu tahun 2020 ini.

Untuk mencapai target tersebut, PTPN akan memulai giling secara bertahap pada 30 Mei di pabrik gula Gempolkrep, Mojokerto, Jawa Timur danberlanjut ke pabrik gula yang lain sesuai perencanaan.

Baca Juga: PTPN akan lelang gula sesuai dengan harga eceran tertinggi pemerintah

"Kami telah siapkan izin operasional giling dan mobilisasi aktivitas tenaga kerja dalam pemenuhan pangan di tengah pandemi Covid-19," ujar Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara Muhammad Abdul Ghani dalam keterangan tertulis (3/6).

Menurut Ghani, total areal tanaman tebu milik PTPN yakni PTPN IX, X, XI, XII, XIV, II,VII maupun milik petani tahun ini sekitar 168.000 hektar dan diproyeksikan mampu menghasilkan tebu untuk digiling sebanyak 12,2 juta ton.

Ditargetkan, dengan tingkat rendeman sekitar 8% akan mampu mencapai produksi gula sekitar 1 juta ton.

Gula ini bersumber dari bahan baku tebu di Jawa dimana 84% berasal dari petani tebu sehingga PTPN Grup diharapkan dapat bersinergi dan mendukung setiap wilayah pabrik gula untuk meningkatkan pelayanan dan memastikan penggilingan seluruh tebu petani binaan.

Baca Juga: Produksi Habis Lebaran, Gula Kian Langka di Pasar

Ghani pun mengatakan, untuk mencapai target produksi, PTPN sudah menyiapkan peralatan pabrik dengan maintenance dan investasi peralatan, analisa pendahuluan sampel tebu dan persiapan tebang, muat dan angkut (TMA) untuk menjamin keandalan dan efisiensi giling.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×