kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kapan Berlaku Beli Pertalite Pakai MyPertamina di Jakarta?


Sabtu, 02 Juli 2022 / 08:42 WIB
Kapan Berlaku Beli Pertalite Pakai MyPertamina di Jakarta?
ILUSTRASI. Pemberlakuan program pembelian Pertalite dan Solar dengan MyPertamina akan berlaku di Jakarta pada September 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina baru saja memberlakukan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi dengan jenis Pertalite dan Solar di sejumlah daerah. Rencananya, program tersebut akan diimplementasikan di seluruh Pulau Jawa.

Lantas, kapan pembatasan tersebut berlaku di DKI Jakarta ?

Melansir Kompas.com, pemberlakuan program pembelian Pertalite dan Solar dengan MyPertamina akan berlaku di Jakarta pada September 2022. 

Informasi saja, pembatasan melalui pandaftaran di aplikasi MyPertamina ditujukan agar penyaluran BBM tepat tujuan. 

Tahap awal, uji coba yang dilakukan pada Senin (1/7/2022) ke lima provinsi. Rinciannya, Kota Yogyakarta, Kota Solo, Kota Denpasar, Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, dan Kota Sukabumi. 

Kemudian dalam beberapa waktu ke depan akan dilanjuti dengan tahap implementasi gelombang satu pada wilayah terkait. Diikuti, gelombang dua, serta gelombang secara bertahap. 

Baca Juga: Data Pertamina, 60% Masyarakat yang Mengonsumsi BBM Subsidi Termasuk Kalangan Kaya

Demikian dikatakan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra melalui webinar belum lama ini. 

"Wave (gelombang) kedua baru akan kita mulai nanti denan melihat perkembangannya di Pulau Jawa. Rencananya mungkin di pertengahan Agustus atau awal September," kata dia. 

Tidak hanya Pulau Jawa, pada tanggal 1 September itu, implementasi sistem pembelian dengan MyPertamina tersebut juga dilakukan di Palu, Pontianak, dan Mataram (gelombang kedua). 

Adapun besaran skala nasional dengan menggunakan MyPertamina, Ega tidak membahasnya lebih lanjut. Ia hanya mengatakan pihaknya saat ini berkonsentrasi pada registrasi dan persiapan gelombang pertama. 

BBM subsidi sendiri merupakan BBM yang diberikan subsidi oleh pemerintah menggunakan dana APBN, memiliki jumlah yang terbatas sesuai kuota. Harganya pun ditetapkan Pemerintah dan diperuntukkan pengguna tertentu. 

Baca Juga: Kapan Beli Elpiji 3 kg Harus Pakai MyPertamina? Ini Jawaban Pertamina

Khusus Solar bersubsidi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. 

Rinciannya, untuk transportasi darat yaitu kendaraan pribadi, kendaraan umum plat kuning, kendaraan angkutan barang (kecuali pengangkut hasil pertambangan), dan mobil layanan umum (ambulance, mobil jenazah, sambah, dan pemadam kebakaran).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beli Pertalite Pakai MyPertamina di Jakarta Dimulai September"
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×