kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Karimun Wagon R tak akan dijual lagi di Indonesia, ini alasan Suzuki


Sabtu, 20 November 2021 / 04:40 WIB
Karimun Wagon R tak akan dijual lagi di Indonesia, ini alasan Suzuki


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias Low Cost Green Car (LCGC), Karimun Wagon R di dalam negeri telah dihentikan. Hal itu diungkapkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dijelaskan 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra alasan di balik kebijakan tersebut adalah karena adanya peralihan fokusan perseroan untuk menyongsong era elektrifikasi di Indonesia yang sudah di depan mata. 

"Tetapi produksi Karimun Wagon R masih berjalan karena kita masih supply untuk kebutuhan ekspor ke Pakistan," kata ia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/11/2021). 

"Secara domestik memang kita sedang fokus untuk kendaraan elektrifikasi. Jadi, (Karimun Wagon R) di dalam negeri kami berhentikan," lanjut Donny. 

Hanya saja, ia masih enggan untuk mengungkapkan secara rinci terkait penghentian penjualan atau pasokkan 'mobil murah' terkait di Indonesia. 

Baca Juga: Suzuki Indomobil membidik kenaikan ekspor sebesar 10% tahun depan

Karimun Wagon R sendiri merupakan satu-satunya produk LCGC dari Suzuki yang secara resmi diproduksi lokal pada 2013 setelah diperkenalkan sebagai mobil konsep pada IIMS 2013. 

Mobil juga merupakan salah satu tipe perseroan yang menggunakan desain "tall wagon" yang diproduksi di pabrik Tambun, Bekasi, Jawa Barat. 

Jika ditarik dari sejarah perjalanan Suzuki Karimun sejak 1999, Karimun Wagon R merupakan generasi ketiga dari Karimun. Mobil memenuhi syarat persetujuan LCGC dengan mewujudkan konsumsi bahan bakar rendah dan meningkatkan tingkat pengadaan lokal. 

Baca Juga: Suzuki Menjajaki Pasar Karibia, Amerika Latin & Timur Tengah

Karimun Wagon R hadir dengan 3 tipe, GA sebagai standar, GL, dan GX dengan peralatan yang lebih baik seperti Roof Rail, sporty cluster meter dan power windows. 

Berdasarkan catatan perseroan, sejak kali pertama diekspor ke Pakistan, Karimun Wagon R secara konsisten berkontribusi hingga 80 persen untuk skema Completely Knocked Down (CKD) dari total mobil yang dikapalkan oleh Suzuki Indonesia. 

Pada dapur pacunya, Karimun Wagon R dibekali oleh mesin K10B DOHC tiga silinder berkapasitas 998 cc yang mampu menghembuskan tenaga sebesar 68 PS dan torsi puncak 90 Nm.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suzuki Stop Penjualan Karimun Wagon R di Indonesia"
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian

 

Selanjutnya: Dapat hatchback murah, cek harga mobil bekas Rp 50 jutaan berikut per November 2021

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×