Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semenjak awal virus corona melanda dunia dan Indonesia, PT Pertamina (Persero) berupaya untuk mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang aman sesuai dengan protokol Covid-19. Salah satunya adalah mendorong pelanggan untuk menggunakan pembayaran non tunai melalui aplikasi MyPertamina.
Hal tersebut diungkapkan oleh Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV untuk mencegah potensi penyebaran virus corona, khususnya pada saat pengisian bahan bakar di SPBU.
“Kami terus mengedukasi dan mengimbau kepada pelanggan kami untuk menggunakan aplikasi MyPertamina guna mengurangi adanya kontak fisik antara pelanggan dengan petugas SPBU,” kata Anna dalam siaran pers yang diterima Kontan..co.id, Rabu (23/9).
Menurutnya, pandemi yang terjadi telah mempercepat perubahan pola transaksi dari yang semula menggunakan uang tunai kemudian beralih menjadi menggunakan uang elektronik.
Baca Juga: Kilang polypropylene Pertamina pasok kebutuhan bahan baku plastik kemasan
“Khusus di wilayah kerja kami yakni Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, ada peningkatan angka pengguna MyPertamina yang cukup signifikan yaitu hingga 8 kali kelipatan atau 800%,” terang Anna.
Peningkatan tersebut terlihat dari jumlah pengguna MyPertamina pada bulan Mei 2020 sebanyak 37.000 pengguna dan kini bertambah menjadi 342.000 pengguna pada bulan September 2020. Anna menambahkan, peningkatan tersebut juga merupakan komitmen Pertamina dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi digital di Indonesia.
“Setidaknya ada 28.000 transaksi setiap harinya melalui aplikasi MyPertamina yang tercatat di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan kami harapkan akan terus bertambah,” imbuhnya.
Promo Pertamina
Selain aman, Pertamina juga kerap menyajikan berbagai macam promo menarik untuk pelanggan yang menggunakan fitur dari MyPertamina. Seperti promo yang saat ini sedang berjalan hingga akhir bulan September.
Promo yang masih berlangsung di antaranya cashback 30% bagi konsumen yang melakukan pembelian Pertamax Series dan Pertamina Dex. Selain itu, promo tukar (trade in) tabung LPG 3 kilogram (Kg) bersubsidi menjadi tabung Bright Gas 5,5 Kg dan 12 Kg dengan potongan harga senilai Rp 123.000 hingga Rp 135.000.
Selain kedua promo tersebut, melalui aplikasi MyPertamina para pelanggan juga dapat mengikuti program double kupon BBM untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik dari program Berbagi Berkah MyPertamina yang sedang berjalan.
Lebih lanjut, untuk membantu pelanggan mengoptimalkan fitur dari aplikasi MyPertamina, Pertamina membuka tempat Layanan Pelanggan MyPertamina, salah satunya di SPBU 44.552.11, Jl. Kyai Mojo No.52, Tegalrejo, Yogyakarta.
Baca Juga: Pertamina salurkan bantuan Rp 2,7 miliar ke UMKM di Jatimbalinus
“Layanan Pelanggan MyPertamina berfungsi sebagai ‘One Stop Service’ bagi pelanggan yang menggunakan aplikasi MyPertamina mulai dari cara registrasi, top up, troubleshooting, benefit, event dan informasi-informasi promo,” ungkap Anna.
Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen pelayanan di era digital bagi pelanggan yang sudah mengedepankan transaksi non tunai, khususnya melalui aplikasi MyPertamina.
“Melalui Layanan Pelanggan MyPertamina, kami berharap dapat semakin mendekatkan pelayanan kami di samping kontak Pertamina melalui sambungan telepon 135 maupun layanan email pcc@pertamina.com,” pungkas dia.
Selanjutnya: SKK Migas dan KKKS sepakat jaga tingkatan produksi tahun depan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News