kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kelanjutan Insentif PPnBM Belum Jelas, Toyota Astra Motor Sesuaikan Harga Jual


Selasa, 04 Januari 2022 / 15:45 WIB
Kelanjutan Insentif PPnBM Belum Jelas, Toyota Astra Motor Sesuaikan Harga Jual
ILUSTRASI. Toyota Astra Motor sudah melakukan penyesuaian harga jual mobilnya di pasar karena kelanjutan insentif PPnBM belum jelas.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah belum memberikan kepastian terkait kelanjutan pemberian insentif PPnBM 100% sektor otomotif untuk tahun 2022. Di lain pihak, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku salah satu Agen Pemegang Merek (APM) mengaku sudah melakukan penyesuaian harga jual mobilnya di pasar.

Vice President TAM Henry Tanoto mengatakan, mulai 1 Januari 2021, TAM sudah memberlakukan harga jual mobil merek Toyota dengan PPnBM normal. Harga jual mobil Toyota juga sudah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 74 Tahun 2021 terkait penghitungan PPnBM berdasarkan emisi karbon yang sebenarnya telah berlaku sejak Oktober silam.

“Jadi, rata-rata harga ritel setiap model di dealer kami terimbas oleh perubahan perhitungan pajak, khususnya untuk model yang sebelumnya masuk dalam program insentif,” ujar dia, Selasa (4/1).

Baca Juga: Berhasil Lampaui Target, Ini Kata Gaikindo dan APM Soal Penjualan Mobil Tahun 2021

Asal tahu saja, terdapat beberapa model mobil Toyota yang mendapat insentif PPnBM 100% di tahun lalu. Di antaranya Toyota Yaris, Vios, Sienta, Veloz, Innova, Fortuner, Agya, Cayla, Avanza, Rush, dan Raize.

Pihak TAM belum bisa menilai dampak penyesuaian harga tersebut terhadap penjualan mobil Toyota dalam beberapa waktu ke depan. Bisa saja ada konsumen yang memilih wait and see terlebih dahulu akibat perubahan harga mobil tersebut. Di sisi lain, untuk konsumen yang memang sudah harus memiliki mobil, mereka berpotensi pindah ke model mobil lain yang lebih cocok dari segi harga.

Lebih lanjut, Henry menyebut, di tahun ini pihak TAM memiliki sejumlah rencana untuk peluncuran produk mobil baru. Peluncuran mobil baru tersebut tak hanya untuk model reguler, melainkan juga model Gazoo Racing (GR) hingga model berbasis elektrifikasi. Sayang, ia belum bisa menjelaskan secara gambling rencana perilisan mobil baru Toyota tersebut. “Nanti akan kami kabari kalau sudah waktunya,” kata Henry.

Mengutip pemberitaan sebelumnya, Toyota sempat dikabarkan akan merilis model Fortuner dengan kapasitas mesin 2.800 cc di tahun 2022. Selain itu, Toyota juga dikabarkan akan memproduksi mobil hybrid buatan pabrik di Indonesia di tahun ini.

Baca Juga: Insentif PPnBM Berakhir, Harga Avanza Naik Rp 30 Juta, Cek Mobil Toyota Lainnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×